TENTANG AKU

Foto Saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Pernah menjadi guru berprestasi tingkat nasional tahun 2003, sekarang masih mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk menambah tantangan dan membuka wawasan, saya juga menjadi guru di Unswagati Cirebon, Akbid Muhammadiyah Cirebon, serta Aktif mengurusi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Cirebon dan Provinsi Jawa Barat.

Sabtu, 19 Maret 2011

Prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP 2011

PAKET 3
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA

1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
SOAL :

. Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan ini, kesan pertama yang terasa adalah bersih teratur dan menyenangkan. Baik pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya. Semuanya ini tentu merupakan salah satu unsur mengapa perpustakaan sekolah ini menjadi juara pertama dan ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se-DKI Jaya tahun ini.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. ruang perpustakaan
B. dekorasi buku
C. dekorasi ruangan
D. perpustakaan teladan

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: semuanya ini (kalimat terakhir); ruang perpustakaan bersih (kalimat 1); dekorasi ruangan menyenangan (kalimat 2
2. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut
SOAL :
(1) Mengenang pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: … mengisi kemerdekaan (kalimat 1=umum); tugas … mengisi kemerdekaan itu (kalimat 2= khusus);
3. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kririkan terhadap isi bacaan tersebut
SOAL :
Pada tanggal 11 Desember 2006, saya berbelanja di Supermarket sambil memegang brosur supermarket tersebut, yang berlaku tanggal 6-19 Desember 2006. Saat melewati rak blueband, saya mengira harga yang tertera itu salah, karena tidak sesuai dengan isi brosur. Saya sangat kecewa, ternyata setelah dikonfirmasi ke pelayan, harga tersebut memang tidak sesuai dengan isi brosur. Pihak supermarket menjelaskan harga yang tertera di brosur itu salah cetak. Sebagai konsumen saya merasa sangat dirugikan dengan kejadian tersebut.

Kritikan terhadap pihak supermarket pada teks tersebut adalah ...
A. Pembeli bebas memilih berbelanja di supermarket mana saja.
B. Pihak supermarket harus mencermati isi brosur sebelum diedarkan.
C. Konsumen berhak memilih harga yang paling murah.
D. Pihak supermarket sengaja menurunkan harga barang.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “tidak sesui dengan isi brosur …; menjelaskan … salah cetak.

4. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan kedua teks berita tersebut
SOAL :
Cermati kutipan teks berita berikut!

Kutipan Teks Berita 1 Kutipan Teks Berita 2
Kemarahan rakyat bisa meledak seandainya hasil kerja Tim Pengawas Penanganan Lumpur Lapindo DPR direkomendasi. Rakyat mengharapkan DPR terus mendesak pemerintah agar melindungi serta memulihkan hak-hak korban dan ekosistem secara optimal. Selain itu, peta area terdampak pun harus selalu direvisi. Masyarakat korban Lapindo membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi penderitaan mereka. Karena mereka kehilangan segalanya, hak hidup, ketenangan, dan rutinitas kehidupan jadi terkoyak. Perlu penanganan secara bersama baik pemerintah daerah maupun pusat dan elemen masyarakat demi kemanusian.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ….
A. Perlindungan dan penanganan korban lumpur Lapindo.
B. Jumlah korban luapan lumpur Lapindo Sidoarjo.
C. Penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR.
D. Perlindungan yang serius terhadap korban Lapindo.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

Teks 1: ... melindungi hak-hak korban (apa, kalimat kedua); teks 2: ... mengatasi penderitaan mereka = korban (apa, kalimat pertama)


5. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi berita tersebut
SOAL :

Perancis lumpuh, Kamis 29/1 akibat pemogokan buruh di seluruh negeri. Ratusan ribu buruh di berbagai organisasi pekerja dari yang beraliran moderat hingga yang radikal menggelar protes untuk menekan Presiden Nicolas Sarkozy dan pebisnis agar melakukan langkah-langkah yang lebih banyak untuk melindungi dunia kerja dalam situasi krisis seperti sekarang ini. Meski Perancis terhantam resesi tidak separah negara tetangga lainnya di Eropa seperti Yunani, Spanyol, dan Inggris. Akan tetapi, tingkat pengangguran di negeri itu meningkat secara konstan, mencapai 2.07 juta orang per November 2008. Jumlah ini meningkat 8.5 persen dari tahun sebelumnya. Presiden Sarkozy sudah mengeluarkan paket stimulus 26 miliar euro akhir tahun lalu. Namun, kalangan buruh menilai paket itu hanya meguntungkan indutrialis besar.
(Warta Kota, 30 Januari 2009)

Pernyataan yang merupakan informasi berita tersebut adalah ...
A. Perancis lumpuh akibat banyaknnya buruh antre dana stimulus.
B. Perancis mengalami krisis ekonomi sebanding Yunani dan Spanyol.
C. Tingkat pengangguran di Perancis naik 8.5% dari tahun sebelumnya.
D. Tingkat pengangguran dapat diatasi dengan dana stimulus 26 miliar.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Isi berita berpedoman pada pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk: ... tingkat penganguran meningkat (kalimat keempat); ... meningkat 8.5 % .... (kalimat kelima)


6. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian ktutipan tersebut
SOAL :

Bacalah dua kutipan teks berita berikut!

Teks Berita 1 Teks Berita 2
Semburan lava dan bebatuan pijar Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung, meluas ke daerah sekitarnya. Bencana gunung meletus ini terjadi Rabu dini hari. Petugas pengamatan di Pos Desa Pasuruan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, menuturkan dengan rinci. Sekitar pukul 06.00 WIB telah terjadi letusan dengan diawali kegempaan vulkanik A (dalam) sebanyak 3 kali, disusul vulkanik B (dangkal) 30 kali, dan gempa embusan sebanyak 25 kali. Gunung Kelud mungkin akan terus diguncang gempa embusan. Bahkan, hingga Rabu, 14/11/2008 letusan itu masih terjadi. Gempa embusan telah menghasilkan asap setinggi 2.500 meter. Data dari pos pengamatan Gunung Api Kelud di Dusun Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Jawa Timur hingga Selasa 13/11 telah tercatat 203 kali gempa embusan dengan amplitude antara tiga hingga 33 milimeter.

Perbedaan urutan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
Teks 1 Teks 2
A mengapa, apa, kapan, bagaimana bagaimana, siapa, kapan, di mana
B apa, kapan, siapa, bagaimana apa, kapan, bagaimana, di mana
C apa, kapan, di mana, siapa di mana, kapan, apa, bagaimana
D apa, kapan, di mana, mengapa kapan, di mana, mengapa, siapa


KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Struktur berita disusun secara piramida terbalik dengan berpedoman pada pokok-pokok berita yang dirangkai dalam akronim ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk pada
teks berita 1: semburan lava .. (apa), ... rabu dini hari (kapan), ... petugas pos (siapa=saksi peristiwa), ... terjadi letusan ..., disusul ... (bagaimana);
teks berita 2: gempa ... Gunung Kelud ... (apa), Rabu ... (kapan), gempa ... menghasilkan ... (bagaimana), ... dari pos pengamatan ... (di/dari mana)


7. Kemampuan yang Diuji : Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf tersebut
SOAL :

(1) Tenaga listrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1879. (2) Saat itu, dia berhasil menemukan bola lampu pijar yang sangat terkenal sampai ke seluruh dunia. (3) Saat itu Thomas Alva Edison masih berusia 17 tahun. (4) Penemuan listrik tersebut sangat terasa manfaatnya oleh semua negara termasuk Indonesia. (5) Jika hal itu tidak terjadi mungkin di Indonesia listrik tidak masuk ke pelosok desa.
Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (4) dan (5)


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Fakta biasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.
Kata kunci : … pertama kali .. tahun 1879 (kalimat 1); … berusia 17 tahun (kalimat 3)

8. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut
SOAL : 8

Suku Sakai memang masih seperti terjajah di tanahnya sendiri. Paling tidak mereka dijajah secara ekonomi dan sosial. Tanah yang mereka miliki, membentang luas dari Minas hingga Dumai. Tanah tersebut mengandung minyak terbesar di Nusantara. Sayangnya, yang menikmati kekayaan alamnya orang asing, bukan penduduk asli.

Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A. Suku Sakai merdeka secara ekonomi dan sosial.
B. Suku Sakai memiliki cadangan minyak.
C. Suku Sakai dijajah bangsa sendiri.
D. Suku Sakai hidup menderita karena bangsa asing.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan.
Isi teks: Suku Sakai ... terjajah (kalimat 1); mereka ... dijajah .... (kalimat 2); mereka ... meiliki ... (kalimat 3); sayangnya ... menikmai ... orang asing (kalimat 4)
Pendapat akhir: Suku Sakai menderita karena orang asing .... (sesuai data pada kalimat 1, 3, dan 4)


9. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat
- menentukan gagasan utama tajuk tersebut
SOAL : 9

.

Bacalah teks tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
H.M. Soeharto meninggal 27 Januari lalu. Suasana masih diwarnai rasa duka dan layak jika masyarakat ikut menyampaikan duka cita. Namun, di lain pihak, ada juga yang menyampaikan pernyataan dan peringatan agar persoalan hukum presiden kedua RI itu segera diselesaikan.
Di antara kita tidak pula ketinggalan untuk menyampaikan catatan, pandai-pandailah kita, pemerintah, dan publik, menyikapi. Jangan sampai masalah itu menghambat usaha dan konsentrasi kita membangun kebersamaan. Pandai-pandailah kita membawa diri menyikapi masalah tersebut.
Kita pun ragu, tidakkah terlalu pagi kita minta perhatian atas persoalan tersebut, sementara tanah masih belum juga kering usai pemakaman. Paling tidak, sesuai dengan tugasnya, pemerintah harus segera menyikapi pertentangan yang timbul, untuk dijadikan pegangan semua pihak.
Gagasan utama kutipan tajuk tersebut adalah ...
A. Kematian H.M. Soeharto menimbulkan pertentangan pendapat.
B. Usul sikap bijak menyikapi masalah yang muncul terkait dengan mantan presiden kedua RI.
C. Suasana duka masih mewarnai kepergian mantan presiden Soeharto.
D. Tugas pemerintah dalam menanggapi persoalan yang ada.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama tajuk merupakan ide (pendapat) penulis tentang fenomena hangat.
Fenomena pada teks: H.M. Soeharto meninggal, ada yang berduka, ada yang menyampaikan penyelesaikan hukum, ada yang mengingatkan agar pandai bersikap; ide (pendapat) penulis: minta perhatian atas persoalan=bijak (paragraf terakhir kalimat pertama).


10. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal : - menentukan kalimat fakta pada tajuk tersebut
SOAL :

Kalimat fakta pada tajuk tersebut terletak pada ...
A. paragraf I, kalimat I
B. paragraf I, kalimat II
C. paragraf III, kalimat I
D. paragraf III, kalimat II

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Fakta biasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.
Kata kunci : … 27 Januari (kalimat pertama pada paragraph pertama)


11. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal - menentukan keberpihakan penulis pada tajuk tersebut
SOAL :
Penulis pada tajuk tersebut berpihak kepada ....
A. Soeharto
B. pemerintah
C. masyarakat
D. keluarga

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Berpihak artinya mengikut/memilih salah satu pihak.
Keberpihakan (berpihak) terutama tergambar pada paragraf terakhir kalimat pertama.


12. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal - menentukan simpulan isi tajuk tersebtut
SOAL :

Simpulan tajuk tersebut adalah ...
A. Rasa duka boleh saja, tetapi masalah hukum jangan diselesaikan.
B. Presiden Soeharto meninggal tanggal 27 Januari 2007 di Jakarta.
C. Pemerintah harus menyikapi pertentangan yang timbul, untuk pegangan semua pihak.
D. Kesalahan Soeharto sebaiknya kita maafkan mengingat jasa-jasa beliau sangat banyak.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Simpulan tajuk merupakan pendapat akhir terhadap data baik fakta maupun opini pada tajuk.
Data: H.M. Soeharto meninggal, ada yang berduka, ada yang menyampaikan penyelesaikan hukum, ada yang mengingatkan agar pandai bersikap.
Pendapat akhir: Pemerintah harus menyikapi pertentangan yang timbul (tidak bertentangan dengan data).


13. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :
Cermatilah grafik berikut!










Simpulan isi grafik tersebut yang tepat adalah …
A. Koperasi Siswa SMP Kartika tahun 2006 mengalami kenaikan.
B. Perkembangan koperasi SMP Kartika setiap tahun meningkat.
C. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan dari tahun 2002 hingga tahun 2003.
D. Koperasi siswa SMP Kartika mengalami kenaikan drastis pada tahun 2007.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Simpulan grafik diperoleh dengan mencermati data pada grafik kemudian diberi pendapat . Data pada grafik tersebut: keuntungan Koperasi SMP Kartika tahun 2001: 100 ribu, 2002: 200 ribu, 2003 200 ribu, 2004: 300 ribu, 2005: 400 ribu, 2006: 300 ribu, 2007: 600 ribu
Pendapat : terjadi kenaikan drastis tahun 2007 (sesuai data).



14. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :



. Perhatikan tabel berikut!
TEBEL USULAN KENAIKAN TARIF ANGKUTAN UMUM
(DALAM RUPIAH)
Nama Angkutan Umum Tarif Lama Organda DKI Pemprov DKI DPRD DKI
Mikrolet/KWK 1.900,00 2.650,00 2.300,00 2.400,00
Bus sedang 1.400,00 2.500,00 2.100,00 2.000,00
Reguler 1.200,00 2.400,00 2.100,00 1.900,00
Patas 1.600,00 3.400,00 2.200,00 2.000,00

Sumber: DPRD DKI

Pernyataan yang merupakan isi tabel tersebut adalah ....
A. Usulan kenaikan tertinggi untuk tarif mikrolet dikemukan oleh Organda DKI
B. Usulan kenaikan teringgi dari tarif untuk bus sedang disampaikan oleh DPRD DKI
C. Kenaikan tertinggi dari tarif lama yang diusulkan oleh Premprov terjadi pada bus patas.
D. Kenaikan tertinggi dari tarif lama terjadi pada bus mikrolet

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Isi tabel dapat ditemukan dengan mencermati judul tabel, judul kolom dan judul baris
Informi pada tabel terebut dilakukan dengan menghubungkan judul tabel, judul kolom, dan judul baris. Judul tabel: usul kenaikan angkutan, judul kolom: Organda DKI, judul baris: Mikrolet/KWK , ditemukan angka: 2.650.000 melampui Pemprov DKI (2.300.00) dan DPRD DKI (2.400.00).

15. Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang metupakan isi diagram tersebut
SOAL :





Cermati diagram berikut!








Jenis ekskrakurikuler yang paling banyak diminati siswa kelas I SMP Widay Guna adalah ….
A. PMI
B. Kesenian
C. Volly
D. Pramuka

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Sesuai dengan data pada diagram. Peminat pada PMI=12.5%, Volly=12.5%, Kesenian 25%, Bhs. Inggrs=12.5 %, dan Pramuka 37.5%.


16. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan puisi, siswa dapat
- menentukan tema puisi tersebut
SOAL : 16
Tuhan, pelankanlah malam tiba
agar kami berdua tidak kehilangan arah
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan, sisihkanlah mendung itu
jika gerimis, sakit ibuku kambuh
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan berikanlah kekuatan
untuk menempuh hidup ini
kami tahu derita hari ini
adalah bahagia esok hari


Tema puisi tersebut adalah ….
A. kepasrahan
B. keyakinan
C. peralanan
D. permintaan

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kata yang dirujuk: Tuhan … pelnakanlah … (permintaan) ; Tuhan … sisihkanlah … (permintaan), Tuhan …. berikanlah …. (permintaan)


17. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan puisi, siswa dapat
- menentukan suasana yang tergambar pada puisi tersebut
SOAL :

Suasana puisi tersebut adalah . . . .
A. iba
B. sepi
C. riang
D. senang

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kata yang dirujuk: … kehilangan arah; jalan … masih jauh; sakit ibu … kambuh; … derita hari ini.
Kata-kata tersebut menggambarkan rasa iba. Sesuai KBBI iba berarti berbelas kasihan; terharu dan kasihan.

18. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
- menentukan bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. Padahal hari itu dia sudah ada janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya. Dengan langkah mantap didekatinya teman-temannya di ruang makan.
“Saya tahu siapa di antara kalian yang mengambil onderdil sepeda saya. Mungkin satu atau dua di antara kalian,” ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, “saya tidak mengancam, tetapi saya kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda itu hak milik saya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali tahu apa akibatnya.” Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya.

Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. pertama C. ketiga
B. kedua D. keempat

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Latar merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa cerita terjadi. Untuk menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.

Kata kunci (yang dirujuk): … didekatinya … di ruang makan (latar tempat)


19. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : - menentukan konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL :
Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. Padahal hari itu dia sudah ada janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya. Dengan langkah mantap didekatinya teman-temannya di ruang makan.
“Saya tahu siapa di antara kalian yang mengambil onderdil sepeda saya. Mungkin satu atau dua di antara kalian,” ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, “saya tidak mengancam, tetapi saya kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda itu hak milik saya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali tahu apa akibatnya.” Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya.

Konflik kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Onderdil sepeda Sabir hilang
B. Sabir mendatangi teman-temannya
C. Sabir menuduh teman-temannya
D. Diki dan Bondan mencuri onderdil.


KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dl diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dsb)
Kata yang dirujuk: saya tahu ... di antara kalian ... mengambil ...; ... sampai besok tidak kembali ... tahu akibatnya.



20. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : - menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL : 20

"Tidakkah kau sadari bahwa kau mendurhakai, Yati?"
Katanya tiba-tiba setelah kami, kau dan dia, diam lama sekali.
Mukanya masih merah seperti tadi.
"Tidak," jawabku tenang.
"Aku tak tahu kenapa ibu dulu punya anak aku."
"Itu satu kebetulan," katanya menenangkan.
”Kalau aku boleh memilih, aku tidak ingin terlahir di bumi ini,” kataku sedikit kesal.
"Itu sebabnya kau kau bikin aturan sendiri sedangkan lain-lainnya tidak?" tanyanya penuh selidik.

Amanat kutipan cerpen tersebut adalah....
A. Jangan menyesali hal yang sudah terjadi!
B. Sebaiknya menghindar dari perbuatan durhaka!
C. Selesaikan permasalahan dengan aturan sendiri!
D. Hindari pertikaian sesama anggota keluarga!

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Amanat merupakan gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Pesan dapat disimpulkan dari persitiwa tersirat pada teks.
Kalimat yang dirujuk: ”Kalau aku boleh memilih, aku tidak ingin terlahir di bumi ini,” kataku sedikit kesal.

21. Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan karakteristik kedua novel tersebut
SOAL :
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!

Kutipan I
Bapak berwajah orang penting tadi berusaha tersenyum ramah.
”Ini anak saya, Flo,” katanya pelan-pelan. ”Dia sudah tidak ingin lagi sekolah di sekolah PN dan sudah membolos dua minggu. Dia bersikeras hanya ingin sekolah di sini.”
Kutipan II
”Aku sedang belajar, Bu. Doakan aku besok bisa, ya Bu!”
Aku gugup menghadapi ujian pertamaku. Aku tidak ingin mengecewakan ibuku. Sudah saatnya aku belajar dengan kesadaran sendiri tanpa disuruh-suruh ibuku.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah....
Kutipan I Kutipan II
A Tokoh yang terlihat banyak Tokoh yang terlihat dua
B Sudut pandang diaan Sudut pandang akuan
C. Latar tidak jelas Latar jelas
D Amanat jelas Amanat tidak jelas

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Perbedaan karakteristik novel adalah membedakan dua kutipan novel dari segi unsur instrinsik. Perbedaan itu dapat dilihat dari tema, tokoh, perwatakan, sudut pandang, latar, amanat, alur, penggunaan bahasa, dll.
Kata kunci : Pada kutipan I, pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga. Katanya… Dia..Dia..Sedangkan pada kutipan II, pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama. Aku…Aku…ibuku..


22. Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan kutipan novel, siswa dapat
- menentukan bukti nilai moral novel tersebut
SOAL :

Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Sejurus lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam hati ”Baiklah kemalangan ini kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air mata adiknya sambil berkata, ”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini aku bawakan nasi sebungkus.” (3) Agus menerima bungkusan lalu makanlah ia dalam gelap gulita itu. (4) Budi pun termenung dalam kegelapan malam.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (4) C. (2)
B. (3) D. (1)

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ini dapat berupa nilai budaya, agama, dan sosial. Nilai kehidupan yang berkaitan dengan keagamaan itu ditunjukkan dalam kalimat pertama.

Kata Kunci : baiklah...(kuserahkan saja pada-Nya)

23. Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : - menentukan salah satu watak totok novel tersebut
SOAL :
Watak tokoh Budi pada kutipan novel tersebut adalah ....
A. pemalu C. penyayang
B. peramah D. pemarah

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Dengan mencermati dan menemukan kata-kata kunci yang mengarah pada sifat dan perilaku tokoh maka kita dapat menemukan watak tokoh dengan tepat.
Kata kunci : (2) diamlah Gus…(ini aku bawakan nasi)

24. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan naskah drama siswa dapat
- menentukan suaana yang tergambar pada naskah drama tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Kak Mimi : (Sebelum pelajaran dimulai, Ketua OSIS masuk ke kelas VII)
Adik-adik, besok ada acara tukar makanan. Jadi, kalian semua harus bawa makanan sendiri-sendiri. Nantinya akan saling tukar.
Siswa : Hore….
Amir : (sambil unjuk jari)
Kak, makanannya misalnya apa?
Kak Mimi : Oh, ya. Harus nasi lengkap dengan lauk dan sayuran.

Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ....
A. gembira C. takut
B. tenang D. seram

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Suasana berhubungan dengan situasi yang tergambar pada kutipan drama tersebut. Suasana yang tergambar adalah tegang. Hal itu terbukti pada seluruh dialog percakapan dan petunjuk laku dalam kutipan drama tersebut.
Kata kunci : hore....

25. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : - menentukan latar drama tersebut
SOAL :

Latar tempat kutipan drama tersebut adalah....
A. kantor C. aula
B. kelas D. lapangan

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Latar selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Kata kunci yang merujuk pada tempat dan waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut.
Kata kunci : sebelum pelajaran dimulai...(masuk ke kelas)


26. Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan catatan buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut
SOAL :
Pengumuman itu mewujudkan keinginan Daffa yang tertunda sejak dua tahun yang lalu. Sabtu, 2 Januari 2010, namanya dipanggil panitia sebagai juara I lomba mendongeng.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah...
A. Sabtu, 2 Januari 2010. Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, maka untuk juara I lomba mendongeng diraih oleh Daffa. Daffa sangat bangga dan bersyukur atas prestasinya.
B. Sabtu, 2 Januari 2010. Aku dipanggil oleh panitia. Hari itu kegiatan lomba mendongeng. Aku harus segera menyiapkan diri karena setelah ini, aku harus mendongeng di depan juri.
C. Sabtu, 2 Januari 2010. Berdasarkan keputusan dewan juri, diputuskan untuk juara I lomba mendongeng diraih oleh Daffa. Sedangkan untuk juara II dan III diraih Fajar dan Yona.
D. Sabtu, 2 Januari 2010. Hari yang tak akan kulupakan seumur hidupku. Sudah dua tahun aku menunggu saat seperti ini. Asyiknya…IAkhirnya aku dapat meraih juara I lomba mendongeng.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Buku harian berisi pengalaman yang paling berkesan. Isinya terdiri dari pengalaman paling berkesan, waktu, dan tempat yang dituangkan dengan kalimat yang ekspresif.
Kata kunci :waktu (Sabtu, 2 Januari 2009) aku..dua tahun menunggu...juara I lomba

27. Kemampuan yang Diuji : Menulis isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang sesuai ilsutrasi tersebut
SOAL :
Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan rapat persiapan perpisahan siswa kelas IX. Undangan itu ditujukan kepada staf dan wali kelas IX.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah.…
A. Harap segera dilaksanakan berbagai persiapan perpisahan bagi seluruh siswa kelas IX.
B. Segera buat undangan rapat persiapan perpisahan kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.
C. Buat daftar hadir rapat persiapan perpiasahan siswa kelas IX untuk staf dan wali kelas IX.
D. Undang semua staf dan seluruh guru kelas IX untuk rapat persiapan perpisahan kelas IX.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Pesan singkat atau memo harus disampaikan dengan jelas dan singkat.
Isi pesan singkat harus singkat, jelas, dan sesuai ilustrasi.

Kata kunci : membuat undangan...(segera buat undangan)...

28. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi berupa data hasil kegiatan, siswa dapat menentukan laporan yang tepat berdasarkan data tersebut
SOAL :
Hasil Lomba Menulis Cerpen
SMP Idaman Tahun 2009
Juara Nilai Nama
I 888 Ahmad
II 875 Zazkia
III 830 Aminah

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
A. Hasil lomba menulis cerpen, SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Juara I nilai 888 diraih oleh Ahmad, juara II nilai 875 diraih oleh Zazkia dan juara III dengan dilai 830 diraih oleh Aminah.
B. Secara berturut-turut hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 yaitu Ahmad mendapat juara pertama, juara kedua Aminah, dan juara ketiga Zazkia. Dengan jumlah perolehan nilai 888, 830, dan 875.
C. Selama lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Aminah mendapat juara pertama, Zazkia juara kedua, dan Ahmad juara ketiga. Urutan nilainya adalah 888, 875, dan 830.
D. Hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Ahmad mendapat juara pertama dengan nilai 888, juara kedua Aminah dengan nilai 875, dan juara ketiga Zazkia dengan nilai 830.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Bahasa laporan menggunakan bahasa yang baku, singkat, dan jelas. Sesuai data dengan laporan.

29. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan kalimat laporan yang belum runtut, siswa dapat menentukan susunan kalimat laporan yang tepat
SOAL :
(1) Kelompok kami bertugas mengamati kantin.
(2) Di antara makanan itu adalah bakso, bubur, dan berbagai makanan goreng.
(3) Pagi-pagi kami ditugasi guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Dalam kantin itu kami mengidentifikasi sejumlah makanan yang siap dijual.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah...
A. (1), (2), (5), (6), (3), (4)
B. (1), (3), (6), (4), (2), (5)
C. (3), (1), (6), (2), (5), (4)
D. (3), (1), (2), (4), (6), (5)

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Mengurutkan kalimat paragraf laporan hendaknya memperhatikan konjungsi dan kepaduan paragraf laporan. Laporan dapat disajikan berdasarkan kronologis waktu, kegiatan, dan tempat.

30. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan surat pribadi yang bagian pembukanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kaliamt yang tepat untuk melenngkapinya
SOAL :
30.
Jakarta, 14 Desember 2009

Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No. 12 Jambi

Salam kangen dari jauh,
[…]
Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Jadi berkunjung ke kotaku kan? Aku janji akan mengajakmu berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.

Sahabatmu,
Ana

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian surat pribadi tersebut adalah ...
A. Hatiku sangat senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Inaara aku senang kita bertemu meski hanya melalui surat menyurat.
C. Maafin aku ya, karena baru sekarang aku sempat membalas suratmu.
D. Hai Inaara, kamu dan seluruh keluargamu baik-baik saja bukan?

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Kalimat pembuka surat pribadi selalu berhubungan dengan menanyakan kabar atau permohonan maaf jika surat balasan.

31. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi tanggal surat resmi
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat
- melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat

SOAL :












Tanggal surat yang tepat untuk mengisi bagian nomor (1) pada surat tersebut....
A. 2 May 2009
B. Jakarta, 2 May 2009
C. 2 Mei 2009
D. Jakarta, 2 Mei 2009

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Penulisan tanggal pada surat resmi tidak perlu menyertakan nama kota karena pada surat resmi terdapat kop surat. Pada kop surat sudah tertera nama kota (keterangan tempat). Penulisan nama bulan yang sesuai dengan kaidah EYD adalah Mei.
Kata kunci : Penulisan May tidak cermat (jawaban A). Jawaban B, penulisan bulan cermat tetapi ada keterangan tempat. Jawaban C, penulisan cermat dan tanpa keterangan tempat. Jawaban D, tidak cermat karena ada keterangan tempat.

32. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat
- melengkapi bagian isi surat yang tepat
SOAL :

Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A. Sehubungan dengan pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Sabtu, Mei 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Persiapan Ulangan Semester Genap
B. Sehubungan dengan pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap izin Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Saptu, 2 Mei 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Persiapan Ulangan Semester Genap
C. Sehubungan dengan pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Sabtu, 2 May 2009
waktu : Jam 08.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Persiapan Ulangan Semester Genap
D. Sehubungan dengan pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2009, kami mengharap izin Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Saptu, 2 May 2009
waktu : Jam 08.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Persiapan Ulangan Semester Genap

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN : Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati perihal surat, maksud isi surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : perihal surat; undangan, maksud isi surat; mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 2 Mei 2009, dst.

33. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan isi surat resmi berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut.

SOAL :

OSIS SMP Putra Nusantara mengadakan bakti sosial. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat evaluasi panitia bakti sosial. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2009 pukul 10.30 di Ruang OSIS.

Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami mengharapkan kehadiran Para Pengurus OSIS SMP Putra Nusantara dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Saptu, 4 November 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Aula SMP Putra Nusantara
acara : Pembentukan Panita
B. Para Pengurus OSIS SMP Putra Nusantara harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 14 November 2009
waktu : Pukul 14.30
tempat : Aula SMP Putra Nusantara
acara : Evaluasi Panitia Bakti Sosial
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Putra Nusantara dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 14 November 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Ruang OSIS
acara : Evaluasi Panitia Bakti Sosial
D. Teman-teman pengurus OSIS SMP Putra Nusantara harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari,tanggal : Saptu, 24 Oktober 2009
waktu : Pukul 10.30
tempat : Ruang OSIS
acara : Evaluasi Panita Bakti Sosial

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati maksud isi surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : Maksud surat; mengundang, mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 14 November 2009, tempat; Ruang OSIS.
34. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan slogan berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut

SOAL :
SMP Tunas membuat slogan untuk meningkatkan disiplin siswa supaya tidak terlambat ke sekolah.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A. Ingin disiplin banyak latihan
B. Aku malu datang terlambat.
C. Segera datang lebih awal.
D. Kita tingkatkan disiplin diri

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Slogan harus sesuai dengan ilustrasi.
Kata kunci : disiplin tidak terlambat...(aku malu datang terlambat)

35. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan rangkuman bacaan
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut

SOAL :
Penangkapan ikan secara illegal mengancam stok perikanan nasional. Jika hal itu dibiarkan, akan merugikan nelayan tradisional. Akibatnya berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.
Pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan. Jika hal itu dapat dilaksanakan, kerugian Negara 30 triliun dapat ditekan. Dengan demikian, pendapatan negara bisa dioptimalkan dan harga BBM bagi nelayan tidak perlu naik.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ...
A. Kerugian nelayan tradisional terjadi akibat penangkapan ilegal. Akibatnya berdampak pada kemorosotan hasil tangkapan.
B. BBM tidak perlu dinaikkan. Itu sebabnya pemerintah mengoptimalkan sumber daya perikanan dan sarana prasarananya.
C. Penangkapan ikan ilegal dapat mengancam stok perikanan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan.
D. Kerugian nelayan tradisional berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan. Oleh karena itu, harga BBM tidak perlu naik.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah rangkuman. Rangkuman bacaan urutannya masih mengikuti pola aslinya. Untuk membuat rangkuman, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf.

Kata kunci : penangkapan ikan ilegal (paragraf pertama)…optimalkan sumber daya perikanan (paragraf kedua)…

36. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

SOAL :
Petunjuk Membuat Puding Srtowberi Segar
(1) Siapkan 1 bungkus agar-agar rasa strowberi.
(2) Agar-agar dicampur dengan air, dimasak sampai mendidih.
(3) […]
(4) Masukkan agar-agar yang telah mendidik sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku sampai habis sambil diaduk rata.
(5) Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal 3cm.
(6) […]
(7) Setelah dingin dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.

Bagian rumpang pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat...
A. (3) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
B. (3) Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku
(6) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
C. (3) Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
D. (3) Sementara itu masukkan ke cetakan.
(6) Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil sampai habis.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Melengkapi petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan.
Kata kunci : ...(dinginkan)
37. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat
SOAL :
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Rapikan, buatkan cover kemudian dijilid.
(2) Kemudian desain kertas HVS untuk tempat menempelkan artikel.
(3) Setelah itu gunting artikel berikut judulnya yang akan didokumentasikan.
(4) Pertama tentukan tema atau hal pokok penting dari media cetak.
(5) Tempelkan guntingan artikel di kertas HVS.
(6) Lalu siapkan kertas HVS, gunting, lem, dan berbagai koran/majalah.

Petunjuk mengkliping artikel dari media cetak yang tepat adalah ....
A. (4), (3), (6), (1), (5), (2)
B. (4), (3), (5), (6), (2), (1)
C. (4), (6), (5), (3), (1), (2)
D. (4), (6), (2), (3), (5), (1)

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Menyusun petunjuk berarti memaparkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara benar. Cermati kata-kata konjungsi pada setiap pernyataan petunjuk. Jika petunjuk tentang makanan atau minuman, cermati kata siap dinikmati, disajikan, dihidangkan.. letaknya di akhir petunjuk tersebut.
Kata kunci : pertama; lalu; kemudian; setelah itu;

38. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan isi teks pidato berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang tepat

SOAL :
SMP Bintang selalu menyelenggarakan perpisahan siswa kelas IX di luar kota. Untuk tahun ini acara tersebut diselenggarakan di sekolah. Pada saat sambutan, kepala sekolah menyampaikan mengapa perpisahan diselenggarakan di sekolah.


Bagian isi pidato Ahmad yang tepat adalah ...
A. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga acara perpisahan ini dapat kita selenggarakan.
B. Terima kasih kami sampaikan kepada semua panitia. Semoga perbuatan yang telah kita lakukan ini menjadi nilai ibadah bagi kita semua.
C. Demikian yang dapat saya sampaikan. Harapan saya, anak-anak kelas IX yang telah dinyatakan lulus, mereka mendapatkan SMU yang terbaik.
D. Perpisahan ini sengaja diselenggarakan di sekolah agar Keluarga besar SMP Bintang turut menjadi saksi peresmian sarana yang baru selesai kita bangun.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

39. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi teks pidato
Indikator Soal : Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL :
Teks Pidato
Hari ini, kita berkumpul dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan memperingati HUT Kemerdekaan ini, berarti kita menikmati kebebasan dan kemerdekaan selama enam puluh empat tahun.
{…}

Bagian penutup pidato tersebut yang tepat adalah ...
A. Akhir kata, marilah kita sambut HUT Kemerdekaan kita yang ke-64 tahun ini dengan penuh kegembiraan dan dengan semangat yang tetap menyala.
B. Demikian sambutan dari saya, semoga uraian saya bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf lahir dan batin, sekian terima kasih.
C. Sebagai penutup, marilah kita panjatkan doa bersama-sama, mudah-mudahan Allah melimpahkan karunia bagi kita semua.
D. Sekian pidato yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan HUT Kemerdekaan kita dapat kita peringati setiap saat.


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

40. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema

SOAL :
Tema: Daur ulang plastik kemasan

Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
A. Siapa yang mendaur ulang plasitk kemasan?
B. Kapan kita mendaur ulang plastik kemasan?
C. Bagaimana mendaur ulang plastik kemasan?
D. Apakah mendaur ulang plastik kemasan?

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam ilmiah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.
Kata kunci : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa, apakah…dll)
41. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut
SOAL :

Identifikasi masalah:
1. Peran pemuda dalam sejarah
2. Pemuda harapan bangsa
3. Pemuda sokoguru perjuangan bangsa

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A. Sejak masa penjajahan hingga reformasi, pemuda menjadi pelaku sejarah. Seluruh komponen bangsa menaruh harapan besar pada para pemuda. Pemuda diharapkan sebagai sokoguru perjuangan bangsa Indonesia.
B. Pada masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan, pemuda selalu berjuang. Perjuangannya tidak mengenal lelah. Pemuda menjadi panutan bangsa.
C. Pada masa sekarang bahkan sejak dulu peran pemuda patut dicatat. Pemuda selalu berjuang membela kebenaran. Pemuda menjadi harapan.
D. Pada masa dahulu dan sekarang peran pemuda sangat penting. Pemuda menjadi harapan bangsa. Pemuda menjadi cermin perjuangan bangsa.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Latar belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang melatarbelakangi” sehingga masalah tersebut dijadikan topik penelitian atau pembahasan. Pada latar belakang dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan karya ilmiah.

Kata kunci : apa yang melatarbelakangi… masalah karya ilmiah tersebut

42. Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat tidak efektif
Indikator Soal : Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

SOAL :


Para anak-anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah …
A. Anak-anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
B. Para anak yang berulangkali sering minum jus apel lebih kecil kemungkinannya mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
C. Anak-anak yang sering berulangkali minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan anak-anak yang jarang meminumnya.
D. Anak-anak yang sering minum jus apel lebih kecil kemungkinan mengidap gangguan asma dibandingkan dengan mereka yang jarang meminumnya.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Menyunting adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Dalam menyunting terkandung memperbaiki, melengkapi, menambah, dan menghilangkan/menghapus. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan penutur/penulisan secara tepat sehingga pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis. Kalimat dikatakan efektif bila (1) menyatakan gagasan yang logis, (2) bermakna tunggal, (3) menggunakan kata yang konseptual, lugas, dan baku, (4) gramatikal, (5) dinyatakan dalam bentuk kata yang benar, (6) tidak menggunakan kata-kata yang mubazir, (7) ditulis dengan kaidah tata tulis yang benar.
Kata kunci : ada kata yang mubazir…(para…, berulangkali…), kata ...anak-anak diganti dengan mereka agar tidak monoton dalam pemilihan diksi)

43. Kemampuan yang Diuji : Menyunting penggunaan huruf kapital
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

SOAL :

Kedatangan tim sepak bola Inggris ke jakarta dibatalkan karena tragedi bom di JW mariot. Hal itu, membuat kecewa pecinta Bola di tanah Air.
Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah ....
A B C D
Sepak Bola Tim Jakarta
Jakarta Jakarta Jakarta Mariot
Mariot Mariot Mariot bola
Tanah Air Tanah air

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Penggunaan huruf kapital yang cermat harus sesuai dengan kaidah tata tulis.
Kata kunci : huruf kapita digunakan untuk nama kota (Jakarta), nama tempat (JW Mariot), kata bola dan air dalam kalimat tersebut tidak ditulis dengan huruf kapital, kecuali berada pada awal kalimat.

44. Kemampuan yang Diuji : Menyunting pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
SOAL :
Pelatih sepak bola Benni Dolo dipercayakan sebagai pelatih PSSI. Dalam waktu dekat, seleksi pemain dilakukan dan selama uji coba yang sedianya dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, Benni Dolo menetapkan strategi 442.
Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. sepanjang, rencananya
B. rencana, akan
C. seleksi, rencana
D. seleksi, telah


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam konteks yang berbeda.
Kata kunci : selama (sepanjang), sedianya (rencananya)

45. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan pantun
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut
SOAL :
Asri sangat sedih karena kemarin kelinci kesayangannya mati. Asri seolah kehilangan sahabat karibnya. Air matanya selalu berlinang jika teringat kelincinya yang mati.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Singkarak jauh di Padang
Tempat indah untuk wisata
Si Pussy kelinci tersayang
Kami selalu main bersama
B. Burung nuri terbang melayang
Di angkasa tinggi terbangnya
Kini mati kelinci tersayang
Mata berlinang mengenangnya
C. Pulau Bunaken di Sulawesi
Tempat indah untuk wisata
Bermain dengan si Pussy
Hari berlalu tiada terasa
D. Pergi jalan ke Jepara
Jangan lupa beli ukiran
Asri sangat gembira
Dapat hadiah si Pussy

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi.
Kata kunci : Air matanya selalu berlinang jika teringat kelincinya yang mati.
… (Mata berlinang mengenangnya)
46. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan pantun yang larik isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi isi pantun tersebut
SOAL :

Perhatikan pantun berikut!
Taman bunga taman yang indah
Tempat bermain anak balita
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah .…
A. (1) Masa muda masa ibadah
(2) Kelak hidupmu jadi aman
B. (1) Mari kita giat beramal
(2) Suapaya dirimu menjadi baik
C. (1) Jika kamu tekun ibadah
(2) Damai akhirat hidup bahagia
D. (1) Tekunlah kamu jalankan ibadah
(2) Agar hidupmu senantiasa senang

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN : Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang, cermati rima pantun.
Kata kunci : indah(ibadah); balita (bahagia)

47. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

Soal :

Angin yang nakal
[…]
Dari arah laut
Butiran pasir berhamburan
Bak kabut di udara

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Menyambut rambut ikalmu
B. Asinnya air laut
C. Pasir putih di pantai
D. Mentari merah merona

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Melengkapi puisi dengan larik bermajas, cari larik yang mengandung makna konotasi.
Kata kunci : Angin yang nakal…( menyambut rambut ikalmu)

48. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat

Soal :
Ambil puan dari Merinda
Pandan di Jawa saya robohkan
Jika Tuan membawa adinda
Badan dan nyawa saya […].

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah ....
A. serahkan C. bertanya
B. berpunya D. ragukan


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN : Melengkapi puisi dengan pilihan kata, cari kata yang memiliki hubungan makna dengan larik-larik sebelumnya.
Kata kunci : Badan dan nyawa saya ….( serahkan )

49. Kemampuan yang Diuji : Menulis /menentukan puisi berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi gambar pemandangan alam, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut
Soal
Perhatikan gambar berikut!





Puisi yang sesuai dengan gambar adalah ....
A. Tak ada lagi senyummu
kala duka mendera jiwa
tak ada lagi desir nasihatmu
kala gelisah mencekam dada
B. Suara eranganmu
menggugah lamunanku
teringat aku akan manjamu
manakala ekormu menggeliat di
pangkuanku
C. Bola mata itu
ya, aku jadi ingat kamu
kamu yang selalu curhat padaku
rambutmu yang selalu dikepang dua
sungguh mempesona
D. Sering kau dijadikan lambang
kabut dalam hatiku
cepatlah kau pergi
agar keceriahan kembali padaku

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Menulis puisi berdasarkan ilustrasi, cermati ilustrasi tersebut. Sesuaikan larik puisi cari dengan ilustrasi.
Kata kunci : kucingku… (Suara eranganmu, manakala ekormu menggeliat di
pangkuanku)
50. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Pemuda: (melambaikan tangan, dengan suara lembut) Kemari! Kemarilah! Jangan takut. Aku hanya ingin dekat dengan kamu. Kamu mau ini? Ambillah tidak usah takut. Ini rasanya enak, sungguh!
Gelandangan: (masih ragu-ragu) Tapi aku tidak boleh menerima sesuatu dari orang lain yang belum aku kenal.
Pemuda : [...]
Gelandangan: Kakakku
Pemuda: Kakakmu memang benar. Itu agar kamu berhati-hati. Ambil saja! Tidak apa-apa. Kamu lapar, kan?
Gelandangan: Iya sudah dua hari ini aku belum makan nasi. Terima kasih.

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
A. Mengapa begitu?
B. Ada yang melarangmu?
C. Siapa yang melarangmu?
D. Mengapa kamu dilarang?

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Dialog drama yang rumpang, lengkapi dialog isinya sesuaikan dengan ilustrasi. Cermati hubungan makna yang logis kalimat sebelum dan sesudah dialog yang dirumpangkan. Cermati tokoh / pelaku dalam drama untuk melengkapi dialog rumpang tersebut.
Kata kunci :
Pemuda : Siapa yang melarangmu?
Gelandangan: Kakakku
51. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita tersebut

Soal :
Menurut Menkeu dalam Pokok-pokok Kebijakan Fiskal 2009 yang disampaikan kepada Komisi XI DPR beberapa waktu lalu disebutkan bahwa pemerintah masih optimis volume BBM bersubsidi masih bisa ditekan di level 32,6 juta kilo liter. Namun, dalam pembahasan antara Komisi VII DPR dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral minggu lalu ditetapkan bahwa volume BBM bersubsidi akan membengkak ke level 38,8 juta kilo liter.
Pembengkakan volume konsumsi BBM bersubsidi disebabkan oleh kenaikan volume konsumsi premium dari target awal 14,4 juta kilo liter menjadi 20,4 juta kilo liter. Demikian juga konsumsi solar akan meningkat dari rencana semula 9,8 juta kilo liter menjadi 12,6 juta kilo liter.

Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Berapa besar kenaikan volume BBM bersubsidi?
B. Mengapa pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi?
C. Mungkinkah BBM bersubsidi dapat ditekan pemakaiannya?
D. Di mana dapat membeli BBM bersubsidii untuk konsumsi kendaraan?

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Menjawab pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita, cermati kata tanya dan cari jawaban pada kutipan berita. Kata tanya yang digunakan lima W + 1 H.
Kata kunci : berapa…
52. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan kutipan berita tersebut
SOAL :
Hingga sekarang kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Menurut data WHO tingkat kematian akibat kanker akan terus meningkat. Bahkan lebih lanjut diprediksi pada tahun 2030 tingkat kematian akibat kanker di seluruh dunia akan mencapai angka 12 juta jiwa.


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Kanker menjadi penyebab utama kematian manusia.
B. Tingkat kematian akibat kanker setiap tahunnya terus bertambah.
C. WHO sebuah lembaga kesehatan dunia yang menangani penyakit kanker.
D. Tahun 2030 tingkat kematian akibat kanker di seluruh dunia kurang dari 12 juta jiwa.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat kedua … (Menurut data WHO tingkat kematian akibat kanker akan terus meningkat)
53. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
SOAL :
(1) Ya Tuhan. Airin terbelalak. “Kamu tak pernah cerita dalam surat.”
(2) “Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”
(3)“Mana mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. (4)Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. (5) “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(Kurnia Effendi, Menunggu Matahari Padam)

Bukti bahwa watak tokoh Airin pada kutipan cerpen tersebut penyayang terletak pada kalimat bernomor .…
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN : Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
Kata kunci : (3) “Mana mungkin aku begitu !” (5) )“Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang ....”

54. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut

SOAL :
Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
(Kurnia Effendi, Menunggu Matahari Padam)

Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah .…
A. langit mulai redup
B. laut tampak kecoklatan
C. Airin berjalan di atas pasir putih
D. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Latar selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Temukan kata kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di sebelah barat.
Kata kunci : Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut .... (tanda sore hari telah tiba)

55. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat

SOAL :


Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut: Kegiatan diikuti oleh 1600 siswa dan guru. Selama kegiatan berlangsung, semua peserta sehat-sehat saja, hanya ada satu peserta yang pingsan saat api unggun akan dinyalakan. Setelah diperiksa dokter, ternyata siswa tersebut hanya ketakutan saja. Minggu pagi, esok harinya, semua peserta bersiap-siap untuk pulang.

Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah ….
A. Laporan Api Unggun
B. Laporan Perkemahan
C. Laporan Anak Pingsan
D. Laporan Persiapan Pulang

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Judul laporan harus mencerminkan isi laporan sesuai data
Kata kunci : Kegiatan perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut:

56. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan slogan
Indikator Soal : Disajikan slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
SOAL :

Kepedulian masyarakat bikin hutan berseri

Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat adalah ….
A. Hutanku berseri alam pun berseri
B. Masyarakat peduli hutan berseri
C. Pohon rindang petani berdendang
D. Alamku berseri anak cucu peduli

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.


57. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan isi teks pidato
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi teks pidato yang tepat .

SOAL :
Ketua OSIS SMP Cemerlang mendapat giliran pertama memberikan sambutan pada acara pembukaan lomba berbusana kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini..

Bagian isi pidato Ketua OSIS yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Melalui lomba berbusana kebaya, diharapkan generasi muda lebih mengenal dan mencintai busana nasional. Busana kebaya, memang jarang digunakan saat ini.
B. Marilah kita bersyukur kepada Tuhan karena kita dapat berkumpul pada acara pembukaan lomba berbusana kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini.
C. Demikianlah yang dapat dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada khilaf kata. Semoga kegiatan lomba berbusanan kebaya ini dapat berjalan lancer.
D. Tujuan pelaksanaan lomba berbusana kebaya ini untuk memperingati Hari Kartini. Dengan harapan, kita generasi muda semakin mengenal busana kebaya.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)


58. Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

SOAL :
Jika frekwensi penggunaan ponsel Anda tinggi, pastikan pembicaraannya sudah disiapkan. Jangan ngobrol terlalu lama karena pulsa akan terus berjalan. Anda harus ingat beberapa uang yang Anda keluarkan.

Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. jika diganti bila dan jangan diganti tidak
B. penggunaan diganti pemakaian dan tinggi diganti sering
C. frekwensi diganti frekuensi dan ngobrol diganti ngomong
D. frekwensi diganti frekuensi dan ngobrol diganti berbicara

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam konteks yang berbeda.
Kata kunci : frekwensi diganti frekuensi dan ngobrol diganti berbicara

59. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan saran karya ilmiah berdasarkan simpulan karya ilmiah
Indikator Soal : Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah

SOAL :
Simpulan karya ilmiah

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kunyit memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga dapat digunakan untuk obat-obatan tradisonal.

Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Setiap orang harus menanam tanaman kunyit di rumahnya.
B. Masyarakat perlu membudidayakan tanaman kunyit.
C. Mulai sekarang para petani lebih baik menanam kunyit daripada lainnya.
D. Masyarakat agar selalu mengobati penyakit dengan menggunakan kunyit.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN : Saran dalam karya tulis adalah saran, anjuran yang disampaikan untuk memberikan solusi terhadap hasil penelitian.
Kata kunci : Masyarakat perlu membudidayakan tanaman kunyit.


60. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang penulisannya salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

SOAL :
(1) Fajar,Daffa : (Di jalan setapak, berjalan tergesa-gesa. Tiba-tiba mereka berhenti. Dari balik semak belukar, ia mendengar suara mencurigakan)
(2) Daffa : Jar ... gimana .... suara apa itu? (Daffa melepas pegangan tangannya dari lengan Fajar)
(3) Fajar : Iya...ya..., tapi lepaskan tanganmu! (matanya menyelidik ke arah sumber suara)
(4) Daffa : Jar, aku...aku...hu...hu.... (menangis)
(5) Fajar : Diam! Gimana aku akan mendengar suara itu? Berisik dengan tangismu!

Perbaikan kesalahan petunjuk laku nomor (2) pada naskah drama tersebut adalah ....
A. (Daffa merangkul pundak Fajar)
B. (Fajar ikut ketakutan juga karena sikap Daffa)
C. (Daffa semakin mempererat pegangan tangannya ke lengan Fajar)
D. (Fajar dan Daffa berpelukan karena ketakutan)

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku, harus mencermati dialog sebelum dan sesudahnya.

Tidak ada komentar: