TENTANG AKU

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Pernah menjadi guru berprestasi tingkat nasional tahun 2003, sekarang masih mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk menambah tantangan dan membuka wawasan, saya juga menjadi guru di Unswagati Cirebon, Akbid Muhammadiyah Cirebon, serta Aktif mengurusi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Cirebon dan Provinsi Jawa Barat.

Sabtu, 19 Maret 2011

Prediksi soal UN Bahasa Indonesia SMP 2011

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

KELAS : IX

TAHUN PELAJARAN :

HARI/TANGGAL :

WAKTU : 09.45 s.d 11.45

Petunjuk Umum

1. Perhatikan petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan!

2. Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda menjawab!

3. Jawablah dikerjakan pada LJK!

4. Gunakan Pensil 2B!

5. Laporkan kepada pengawas jika terdapat tulisan pada soal yang kurang jelas!

6. LJK jangan sampai sobek, terlipat, kotor, atau basah!

7. Jawab soal yang mudah dahulu!

8. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum diserahkan kepada pengawas!

Pilihlah salah satu jawaban a, b, c atau d yang Anda anggap paling benar !

1. PANGENAN- Salah satu upaya yang dilakukan dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat oleh pesantren adalah dengan pembentukan koperasi (kopontren). Koperasi yang dibentuk oleh pesantren berfungsi untuk menstimulus potensi ekonomi masyarakat. Koperasi juga dapat berfungsi sebagai alternatif pembiayaan ongkos operasional pesantren dari bagi hasil yang didapat. Namun demikian, tidak semua pesantren mampu mempertahankan eksistensinya. Membuka kopontren tidak hanya membutuhkan skill managerial yang baik, namun juga harus digerakkan dengan tenaga-tenaga profesional dibidangnya. (Radar Cirebon, 20 Februari 2009)

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …

a. koperasi berfungsi untuk menstimulus potensi ekonomi masyarakat.

b. koperasi dapat berfungsi sebagai alternatif pembiayaan ongkos operasional pesantren.

c. upaya pengembangan potensi ekonomi masyarakat.

d. tidak semua pesantren mampu mempertahankan eksistensinya.

2. AGNES Monika menjadi salah satu artis yang mendapat kesempatan bertemu dengan Hillary Clinton. Meski hanya bertatap muka 10 menit, Agnes tetap excited. “Tadi nggak terlalu gimana-gimana. Aku exsited aja. Aku juga sempat foto bareng,” kisah Agnes saat ditemui usai syuting acara musik Dahsyat bersama Hillary Clinton di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (19/2).

(Mitra Dialog, 20 Februari 2009)

Kalimat utama paragraf tersebut adalah …

a. Meski hanya bertatap muka 10 menit, Agnes tetap excited.

b. AGNES Monika menjadi salah satu artis yang mendapat kesempatan bertemu dengan Hillary Clinton.

c. “Tadi nggak terlalu gimana-gimana. Aku exsited aja. Aku juga sempat foto bareng,”

d. kisah Agnes saat ditemui usai syuting acara musik Dahsyat bersama Hillary Clinton di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (19/2).

3. CIREBON – Setelah cukup lama tertunda, Panitia Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C), Minggu (8/3) mendeklarasikan pembentukan Provinsi Cirebon. Seribuan massa memadati Hall Room Hotel Apita. Hadir pada kesempatan tersebut, mantan Kepala Bakorwil Drs. Nunung Sanuhri, M.Pd., Ketua MUI Kota Cirebon K.H. Mahfudz Bakri, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tasiya Soemadi Al Gotas, Wakil Ketua DPRD Majalengka M. Iqbal, Ketua DPRD Indramayu Drs. H. Hasyim Junaedi, S.Ag. MBA, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno SIP, mantan Wakil Walikota Cirebon Dr. H. Agus Alwafier By M.M., Presidium P3C Drs. Nana Sudiana, S.Sn., M.Pd., tokoh masyarakat H. Sumarta, S.H.

Presidium P3C Drs. Nana Sudiana, S.Sn., M.Pd. di depan wartawan mengaku, deklarasi Provinsi Cirebon itu sebagai bentuk aspirasi masyarakat yang berkembang selama ini di wilayah III Cirebon. Meski secara lisan, dalam deklarasi itu panitia sudah mengundang para kepala daerah, pangdam, kapolda, gubernur, wakil gubernur, termasuk calon presiden yang diundang.

(Radar Cirebon, 10 Maret 2009)

Kritikan terhadap Panitia Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C) tersebut adalah ...

a. Deklarasi Pembentukkan Provinsi Cirebon merupakan aspirasi mayarakat maka tokoh-tokoh masyarakat saja yang diundang pada deklarasi tersebut.

b. Deklarasi Pembentukkan Provinsi Cirebon merupakan aspirasi para pejabat maka pejabat-pejabat saja yang diundang pada deklarasi tersebut.

c. Panitia (P3C) dalam mendeklarasikan pembentukan Provinsi Cirebon hendaknya telah melalui kajian-kajian secara terbuka dan cermat.

d. Panitia tidak perlu mengundang para kepala daerah, pangdam, kapolda, gubernur, wakil gubernur, termasuk calon presiden.

4. Teks 1

Sirine Mobil Polisi Diganti Lagu Tarling

TIDAK seperti biasanya, suara mobil patroli Samapta Polresta Cirebon bukan lagi suara sirine. Tetapi, alunan lagu tarling berjudul Warung Pojok ciptaan seniman tarling, H. Abdul Adjib.

Untuk pertama kalinya, penggunaan lagu tarling sebagai identitas mobil patroli dilaksanakan kemarin (19/2) dengan dilakukannya peresmian oleh Kapolwil Cirebon, Kombespol Nasser Amin. “Inovasi tersebut adalah bentuk dari upaya membangun kemitraan antara Polisi dan masyarakat. Tentu saja, program itu harus dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata dia.

Menurut Kapolresta Cirebon, AKBP Ari Laksana, ide awal dari mobil patroli yang menggunakan lagu tarling sebagai identitasnya berasal dari kapolwil Cirebon, “Ide awalnya muncul saat berbincang-bincang santai, tapi saya coba wujudkan untuk direalisasikan,” kata kapolresta usai pelepasan mobil patroli Samapta dan polisi pariwisata.

(Radar Cirebon, 20 Februari 2009)

Teks 2

Menikmati ”Warung Pojok” di Mobil Patroli

Dua bait lagu tarling itu seolah-olah mengingatkan kembali pada era tahun 1967 sampai 1974. Apalagi, bagi seorang penciptanya yang sekaligus seniman ternama di Cirebon, H. Abdul Adjib.

Jika sekarang ini lagu ”Warung Pojok” hanya terdengar ketika stasiun radio yang memang eksis dengan lagu-lagu tarling memutarnya atau bisa didengar dan dinikmati bagi yang memiliki kasetnya, kini pecinta tarling dengan lagu ”Warung Pojok” bisa dinikmati setiap saat dan di mana saja ketika berada di kota Cirebon.

Bahkan, lagu ”Warung Pojok” bisa dinikmati dalam keadaan mengendarai mobil atau motor saat melintas di sejumlah ruas jalan di kota Udang. Sebab, salah satu lagu ciptaan H. Abdul Adjib yang fenomenal ini digunakan untuk suara mobil patroli Samapta Polresta Cirebon. Jadi jangan heran sekarang ini tidak lagi terdengar alunan sirine mobil patroli di wilayah hukum Polresta saat berpatroli, tapi yang terdengar alunan lagu tarling berjudul ”Warung Pojok”. (Mitra Dialog, 20 Februari 2009)

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...

a. Lagu tarling berjudul “Warung Pojok” digunakan untuk suara sirine mobil patroli Samapta Polresta Cirebon.

b. Untuk pertama kalinya, penggunaan lagu tarling sebagai identitas mobil patroli dilaksanakan kemarin (19/2).

c. Dua bait lagu tarling itu seolah-olah mengingatkan kembali pada era tahun 1967 sampai 1974.

d. Menurut Kapolresta Cirebon, AKBP Ari Laksana, ide awal dari mobil patroli yang menggunakan lagu tarling sebagai identitasnya berasal dari kapolwil Cirebon,

5. Dilihat dari gaya penyajianya, perbedaan kedua teks berita tersebut adalah …

No.

Teks Berita 1

Teks Berita 2

a.

apa – mengapa - dimana

siapa - apa - berapa

b.

bagaimana – siapa - apa

berapa - kapan - siapa

c.

berapa – kapan - bagaimana

dimana – kapan - apa

d.

bagaimana - berapa - siapa

berapa - apa - kapan

6. LIVERPOOL,- Tiket perempat final Liga Champions ada di depan mata Liverpool. Berbekal kemenangan 1 – 0 atas Real Madrid di Spanyol 25 Februari lalu, The Reds -julukan Liverpool- hanya butuh imbang saat menjadi tuan rumah di second leg babak 16 besar di Stadion Anfield dini hari nanti WIB (siaran langsung RCTI dan ESPN pukul 02.45 WIB). Namun, tuan rumah jelas tidak mau mengambil risiko itu. Rafael Benitez, arsitek Liverpool, mengatakan jika timnya tetap mengincar kemenangan demi mengaransi posisi ke delapan besar. Berharap seri, justru busa menjadi bumerang bagi Steven Gerrard dkk. (Radar Cirebon, 10 Maret 2009)

Isi berita yang sesuai dengan cuplikan berita tersebut adalah ....

a. The Reds merupakan julukan Liverpool.

b. Liverpool mengincar kemenangan demi mengaransi posisi ke delapan besar.

c. Pertandingan sepak bola akan disiarkan langsung RCTI dan ESPN pukul 02.45 WIB.

d. Rafael Benitez, merupakan arsitek Liverpool yang sangat populer.

7. KESAMBI – (1) Lomba Baca puisi Baca Cerbon (LBPPBC) yang dilaksanakan Dewan Kesenian Cirebon (DKC), dijurai siswi SMAN 1 Gegesik, Iis Solikha yang membacakan puisi Nguntal Negara karya Ahmad Subhanudin Alwy dan Blajar Melaku karya Jay Ali Muhamad dengan total poin 505 hasil penilaian dari empat juri, yakni Ahmad Syubhanudin Alwy, Saptaguna, Ken Nagasi, dan Edeng Syamsul Ma’arif. (2) Lomba tersebut berakhir Selasa malam (17/2). (3) Untuk juara kedua diraih siswa SMAN 1 Suranenggala, Kartawi, yang juga membacakan puisi Nguntal Negara dan puisi karya Supali Kasim, Republik Sega Aking sedangkan juara ketiga diraih siswi SMK Lemahabang, Roeajijah yang membacakan puisi Nguntal Negara dan puisi karya Nurrochman Sudibyo YS, Aja Mbluya. (4) Menurut ketua pelaksana kegiatan, Ahmad Syubhanudin Alwy, beberapa peserta justru tidak memahami secara keseluruhan puisi yang dibacakan sehingga harus tersingkir meski membaca puisinya bagus dan penuh penghayatan. (Radar Cirebon, 19 Februari 2009)

Kalimat pendapat dalam paragraf ditandai dengan nomor ....

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

8. SUSUKAN – Kondisi SDN 1 Tangkil, Kecamatan Susukan yang terancam ambruk, mendapat perhatian serius Wakil Bupati H. Ason Sukasa SmHk. Kemarin (19/2) orang nomor dua di Kabupaten Cirebon itu didampingi Sekretaris Disdik Drs. H. Kusnadi Muamarto, MM langsung meninjau sekolah tersebut.

Ason mengatakan, kedatangannya ke SDN 1 Tangkil untuk mengetahui sejauhmana kondisi kerusakan sekolah itu. Ternyata, bagian terparah terletak pada atap.

(Radar Cirebon, 20 Februari 2009)

Simpulan dua paragraf di atas adalah…

a. Wakil Bupati H. Ason Sukasa SmHk. meninjau kondisi SDN 1 Tangkil.

b. Kondisi SDN 1 Tangkil, kecamatan Susukan yang terancam ambruk.

c. Sekretaris Disdik adalah Drs. H. Kusnadi Muamarto, MM.

d. Kerusakan sekolah itu ternyata, bagian terparah terletak pada atap.

9. Citra Buruk

………….

KORUPSI menjadi persoalan yang hangat sejak beberapa tahun lalu. Pasca reformasi, satu demi satu kasus korupsi mulai terkuak. Di era kepemimpinan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, kasus korupsi bahkan semakin banyak yang terbongkar.

Kemunculan lembaga KPK pun menjadi momok menakutkan bagi para pelaku korupsi. Tak tanggung-tanggung, beberapa pejabat penting Negara sekelas menteri dan mantan pejabat akhirnya masuk penjara karena kasus korupsi. KPK menjadi satu-satunya lembaga yang sangat ditakuti, baik di tingkat pusat maupun daerah. Maklum, banyak pula gubernur dan bupati/wali kota yang menjadi target KPK. (Mitra Dialog, 27 Februari 2009)

Simpulan cuplikan tajuk di atas adalah….

a. KPK pun menjadi momok menakutkan bagi para pelaku korupsi.

b. Menteri dan mantan pejabat akhirnya masuk penjara karena kasus korupsi.

c. Pemberantasan tindak korupsi dari pohon sampai ke akar rumput.

d. KPK menjadi lembaga yang sangat ditakuti, baik di tingkat pusat maupun daerah.

10. MAULID NABI

Senin 12 Rabiul Awal, yang bertepatan dengan 9 Maret 2009 Masehi adalah momen yang sangat spesial bagi umat Islam. Tanggal tersebut merupakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebab pada tanggal itulah Nabi Muhammad SAW lahir. Kelahirannya menjadi tonggak awal berkibarnya panji-panji Islam, berawal dari tanah Arab, lantas menyebar dan mengakar di hampir seluruh penjuru dunia.

Beragam cara dilakukan umat Islam untuk memperingati momen tersebut. Ada yang memperingati Maulid Nabi SAW sambil memasukkan unsur-unsur budaya lokal. Misalnya yang terjadi di tiga keraton di Cirebon. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sana dikombinasikan dengan prosesi seni dan budaya, termasuk pencucian dan arak-arakan benda pusaka. Ada yang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak tahlil ( puji-pujian pada Allah SWT), serta marhabanan (puji-pujian pada Nabi Muhammad SAW).

Media ini berpendapat, perbedaan pandangan soal maulid Nabi Muhammad SAW hanyalah persoalan sekunder, bahkan tersier. Persoalan primernya adalah bagaimana umat islam menjalankan ajaran agamanya dengan baik. Untuk itu, umat Islam butuh tuntunan. Tuntunan utama adalah Kitab Suci Alquran, yang diturunkan Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW.

Sangat sedikit orang yang mampu memahami, apalagi menjabarkan kandungan Alquran dengan baik. Karena itu Nabi Muhammad SAW berperan sebagai pemberi penjabaran, baik lewat ucapan maupun tindakannya (hadits).

Berdasarkan hal itu, apapun pemahaman dan tindakan umat Islam terkait Maulid Nabi Muhammad SAW, hendaknya tak menyurutkan kesepakatan bersama bahwa mereka harus mengikuti jalan Allah SWT, dan memberikan penghormatan tinggi kepada Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang Ia pilih untuk memberikan tuntunan.

(Mitra Dialog, 20 Februari 2009)

Gagasan utama paragraf pertama tajuk tersebut adalah ...

a. Tonggak awal berkibarnya panji-panji Islam.

b. Islam berawal dari tanah Arab.

c. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

d. Penyebaran agama Islam ke seluruh penjuru dunia.

11. Kalimat berisi fakta yang diungkap pada paragraf pertama tajuk tersebut adalah ...

a. kalimat pertama

b. kalimat kedua

c. kalimat ketiga

d. kalimat keempat

12. Berdasarkan tajuk di atas penulis berpihak pada….

a. Seni dan budaya

b. Umat Islam

c. Ulama

d. Pemerintah

13. Jumlah Peserta Ujian Nasional 2009 SMP Negeri 2 Pabedilan

350-

325-

300-

275-

250-

225-

200-

175-

Tahun Pelajaran

Kesimpulan penjelasan grafik di atas adalah….

a. Jumlah peserta ujian nasional SMP Negeri 2 Pabedilan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Hal ini terbukti pada tahun pelajaran 2004/2005 peserta ujian berjumlah 224 siswa, 2005/2006 menjadi 206 siswa, 2006/2007 204 siswa, 2007/208 menjadi 244 siswa, dan 2008/2009 menjadi 256 siswa.

b. SMP Negeri 2 Pabedilan telah melaksanakan ujian nasional dari tahun ke tahun. Dilihat dari jumlah peserta ujian, SMP Negeri 2 Pabedilan boleh dikatakan sukses karena jumlah peserta ujian nasional selalu bertambah.

c. Jumlah peserta ujian nasional SMP Negeri 2 Pabedilan dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini terbukti pada tahun pelajaran 2004/2005 peserta ujian berjumlah 224 siswa, 2005/2006 menjadi 206 siswa, 2006/2007 204 siswa, 2007/208 menjadi 244 siswa, dan 2008/2009 menjadi 256 siswa.

d. Jumlah peserta ujian nasional SMP Negeri 2 Pabedilan dari tahun ke tahun tidak tetap. Hal ini terbukti pada tahun pelajaran 2004/2005 peserta ujian berjumlah 224 siswa, 2005/2006 menjadi 206 siswa, 2006/2007 204 siswa, 2007/208 menjadi 244 siswa, dan 2008/2009 menjadi 256 siswa.

14. Tabel Target Badan Pengelola Perparkiran Kabupaten Cirebon

No.

Tahun

Target

Pemasukan

1.

2.

3.

4.

5.

2004

2005

2006

2007

2008

Rp. 15 juta

Rp. 17,5 juta

Rp. 20 juta

Rp. 22,5 juta

Rp. 25 juta

Rp. 11 juta

Rp. 12,5 juta

Rp. 11,5 juta

Rp. 16,5 juta

Rp. 20 juta

Penjelasan di bawah ini yang tepat sesuai dengan isi tabel tersebut adalah …

a. Target dana parkir dengan pemasukan cukup seimbang.

b. Pemasukan dana parkir setiap tahun mengalami kenaikan.

c. Setiap tahun pemasukan dana parkir tidak mencapai target yang ditentukan.

d. Pemasukan dana parkir terkecil bila dibandingkan dengan target terjadi pada tahun 2007.

15. ORGANOGRAM SMP A




Pernyataan yang sesuai dengan bagan di atas adalah…

a. Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah yang bekerja sama dengan Wakil Kepala Sekolah, PKS Kurikulum, PKS Kesiswaan, PKS Sarana, dan PKS Humas.

b. Wakil Kepala Sekolah adalah wakil dari Kepala Sekolah yang tidak harus bekerja sama dengan PKS Kurikulum, PKS Kesiswaan, PKS Sarana, dan PKS Humas.

c. PKS Kurkulum dalam bekerja perlu kerja sama dengan PKS Kesiswaan, PKS Sarana, dan PKS Humas dan bertanggung jawab pada Wakil Kepala Sekolah.

d. PKS Kesiswaan dalam bekerja langsung koordinasi dengan Kepala Sekolah, tanpa melalui Wakil Kepala Sekolah, PKS Kurikulum, PKS Sarana, dan PKS Humas.

16. Perhatikan puisi di bawah ini!

Adikku,

Makan pisang, dikupas kulitnya

Makan buah rambutan, dikupas kulitnya

Makan buah mangga, dikupas juga kulitnya

Kulit-kulit itu adalah sampah

Sampah itu jangan dibuang

Disembarang tempat

Ini tong sampah

Ini tempat sampah

Di sini kamu harus membuang sampah

Jangan kotori halamanmu dengan sampah

Kotor halamanmu, tidak indah lingkunganmu

Bersih lingkunganmu, indah dipandang mata

Karya M. Nizar

Tema puisi di atas adalah...

a. Mengupas buah-buahan

b. Menjaga kebersihan lingkungan

c. Kekaguman pada lingkungan

d. Memanfaatkan tong sampah

17. Buku

Buku...

Setiap hari aku melihatmu

Membacamu

Mencari pengetahuan di dalam dirimu

Untuk mencapai cita-citaku

Buku, aku telah berhutang budi padamu

Kau telah membantuku

Hingga aku paham untuk mengisi

Soal darimu

Buku

Kini aku menjadi pintar

Itu berkat dirimu

Kini aku sudah mencapai cita-cita

Aku berterima kasih padamu

Karya Putriani Emanulika

Suasana dalam puisi di atas adalah….

a. Mencapai cita-citaku

b. Berhutang budi pada buku

c. Manfaat membaca buku

d. Aku menjadi pintar

18. Ketika aku lulus SMP orang tuaku menasehati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok dengan kodratku sebagai wanita. Untuk membujukku, ibuku menambahkan libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah yang melebihi libur orang bekerja di kantor. Kata……diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita sebagi pegawai kantor.

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah

a. Aku lulus SMP

b. Aku cocok menjadi guru

c. Jadi guru banyak liburnya

d. Cita-citaku tidak sama dengan keinginan ibuku

19 Matias dibawa ini hutan rimba Irian Jaya oleh seorang parasutis yang jatuh tergantung di sebuah pohon yang tinggi. Dengan sudah payah, ia menyelamatkan diri. Ketika badanya sudah segar, ia pun berjalan kaki mencari kawan-kawannya. Sebelum meneruskan matias, seeorang laki-laki Irian jaya yang sedang menderita sakit. Matias ia obati sekedarnya dan syukurlah matias sembau. Celakanya ia tidak bias berbahasa Indonesia, tetapi matias merupakan guide yang sangat bias dipercya yang menyelamatkan para turis itu dari mara bahaya dan menyebabkan ia dapat kembali dengan selamat ke Jakarta.

(Matias Akontari: Gerson Peyk)

Amanat cerita tersebut adalah

a. Marabahaya dapat terjadi kapan saja dan kita perlu hati-hati

b. Orang yang selamat dari marabahaya harus bersyukur

c. Berdoalah saat kita melakukan hal-hal yang mengandung resiko

d. Biasakanlah membalas kebaikan orang yang telah menolong kita

20 Ketika matahari sudah jatuh condong ke barat, tiga anak musafir yang berjalan kaki sedang dalam perjalanan. Mereka mempercepat langkahnya agar dapat berbuka puasa di kampong orang. Menjelang akan sampai di sebuah kampong kecil, mereka berhenti sebentar.

Latar cuplikan cerpen tersebut adalah…..

a. Siang hari, dikampung, pada bulan puasa

b. Senja hari, pada bulan puasa, di jalan kota

c. Siang hari, di sebuah kampong kecil, bulan puasa

d. Senja hari, pada bulan puasa, diperjalanan

21 Kutipan cerita I

Zamila bangkit dari ranjang. Dibukanya jendela kamr, dibiarkan anin dingin masuk dkia memang harus segera bergabug dengan perkumpulan yang dipimpin Jimmy. Teman-teman yang lain sudah menuju dengan rencananya itu. Barangkali saja dengan bertambahnya orang-orang yang melakukanya yang dihadapinya tuntas.

Kutipan cerita 2

Namun perempuan itu tidak beranjak . kencana hanya berdiri memotong disamping suaminya yang tak peduli. Disampinya dengan seksama sosok laki-laki miliknya. Ya, laki-laki yang talah bertahun tahun hidup bersamanya. Laki-laki yang telah membawanya pergi ke sebuah dunia yang membuatnya tidak berdaya, dan karena itu begih dicintainya.

Perbedaan karaktristik kedua cerita di atas adalah…


Kutipan I

a. Perempuan yang menghadapi dengan persoalan orang banyak

b. Perempuan yang penrut pada laki-laki

c. Laki-laki yang menjadi pemimpin

d. Laki-laki memiliki perawan lebih banyak

Kutipan II

Perempuan yang berhadapan dengan persoalan keluarga

Perempuan yang menunjukkan ke keluarganya

Suami yang kejam

Perempuan diatas segala-galanya


22. Merdeka

Pada hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan seorang anak lahir disebuah kota kecil. Bapaknya, seorang bekas pejuang kemerdekaan, meminang orang itu dengan bangga. “selamat datang keatas dunia. Selamat dating di Indonesia anakku, “kata lelaki yang bahagia itu.

“Kau adalah harapanku, masa depanku, dan ahli warisku. Aku berikan nama merdeka dan jadilah kusuma bangsa. (cerpen Putu Wijaya)

Nilai budaya yang menonjol dalam kutipan cerita di atas adalah…

a. Kebiasaan dalam memperingati proklamasi kemerdekaan.

b. Orang tua yang meberi nama dan doa yang baik kepada anaknya.

c. Orang tua yang bahagia atas kelahiran putranya.

d. Bapak yang menyayangi anaknya.

23. Di tengah alunan orkes maduh yang terpancar dari radio, kami memlai percakapan penting itu. Kami tahu saatnya telah tiba. Kami sudah tidak bias berbohong lagi, kalau tidak mau gila. Sudah terlalu lama kejadianya kami biarkan berlangsung. Mengila dan memperbudak kami. Dengan kata-kata yang sederhana, semuanya harus diselesaikan

“sudah kau pikirkan bahwa perkawinan ini berarti perubahan, perubahan pada diri kita ? “tanyanya padaku

“Aku mengerti kelak ada yang engkau sesalkan, apa yang akan kaulakukan ?”

“Seandainya kelak ada yang engkau sesalkan, apa yang akan kaulakukan?”

“Aku tak akan menyesal, sayang….

Watak aku dalm kutipan cerita di atas adalah….

a. pengecut b. setia c. peragu d. teguh pendirian

24. Orang asing : Apakah suami Ibu ada ?

Ibu : (keluar sebentar) ada sesuatu yang menggangu Tuan ?

Orang asing : Saya ingin bicara dengan Bapak saya kira saya harus melakukannya malam ini juga. Tapi tak apakah, kapan suami Ibu akan kembali ?

Ibu : Saya, saya tidak tahu tuan ndoro

Gadis : Mungkin dia datang agak terlambat

Orang aisng : (maju beberapa langka) oh, lebih baik besok saja.

Latar drama tersebut adalah ….

a. Di kantor b. di halaman istana c. di halaman rumah d. di dalam rumah

25. Tigor : So, mengapa tidak kamu terima saja hadiah ulang tahun berupa buku tulis dari temanmu, Arif ?

Rukoso : Ha…. Masa hadiah ulang tahun untuk anak SMP hanya buku tulis! Itu hadiah untuk nak SD

Tigor : Kuso…Kuso, mestinya kamu berterima kasih kepada arif yang sudah mau datang ke ultahmu. Apalagi ia juga member kado untukmu.

Kutipan naskah drama di atas menggambarkan suasana....

a. Tegang b. bahagia c. kecewa d. santai

26. Perhatikan ilustrasi berikut !

Dalam lomba menulis naskah drama, Lita memperoleh peringkat pertama. Informasi itu siperoleh setelah ia membaca pengumuman di madding yang terbit hari itu. Betapa haru dan bahagianya lita. Oleh karena itu, ia amat bersyukur kepada Tuhan atas karunia yang dilmpahkan kepadanya.

Kalimat buku harian yang tepat ditulis Lita adalah…

a. Tuhan, aku bersyukur atsa karunia jadi juara.

b. Aku membaca madding yang terbit hari ini

c. Tidak kusangka aku jadi juara, syukurlah kepada Tuhan,

d. Ini dia yang ktungu-tungu, tulisanku dimuat di madding.

27. OSIS Bunga Bangsa akan menghadirkan lomba MTQ. Angaran/biaya belum diajukan kepada kepala sekolah. Pembina OSIS mengingatkan kepada pengurus OSIS

Isi memo yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah.

a. Buat proposal kegiatan lomba MTQ.!

b. Segera bahas recana kegiatan Lomba !

c. Proposal anggaran lomba MTQ. Bagikan segera sesuai dengan dana yang ada !

d. Ajukan segera angaran lomba MTQ agar diperiksa dan disetujui oleh kepala sekolah !

28. Setelah kegiatan lomba MTQ selesai, ketua penyelengaraan melaporkan kepada Pembina OSIS sebagai berikut :

1. Secara keseruhan. Kegiatan didanai dari sekolah

2. Jumlah peseta 21 orang

3. Kegiatan yang dilakukan adalah menerima pendaftaran, menyeleksi peserta, mengadakan lomba dan pengumumkan hasil lomba

4. Perlombaan dimlai hari senin, pukul 08.00 dan berakhir hari selasa pukul 11.00

Urutan yang tepat untuk laporan kegiatan tersebut adalah.....

a. (4),(2),(3),(1) c. (2),(4),(1),(3)

b. (4),(2),(1),(3) d.(2),(4),(3),(1)

29. BANDUNG. Dua orang tewas seketika dalam kecelakaan tungal yang terjadi di ruas jalan tol Padalarang-Cileunyi, Rabu (11/3) dini hari kedua korban tewas, Ica Florita (13) dan Solihin (56),merupakan penumpang sedan Suzuki Baleno hitam D 1312 GO yang dikemdikan yani (30), warga Pekoja Utara Jakarta Pusat.

Satu penumpang lainya Enjis Suparna (51) mengalami lka berat dan langsung dilarikan ke Rumah sakt Hasan Sadikin Bandung (Pikiran Rakyat, Kamis 12 Maret 2009)

Isi laporan wartawan PR tersebut adalah….

a. Semua penumpang Suzuki Baleno tewas

b. Kecelakaan terjadi pada tangal 12 Maret 2009. Dijalan tol

c. Yang mengalami kecelakaan sebanyak 4 orang

d. Yang meningal sebanyak 3 orang

30. Indah adalah sahabat puput yang sekarang tingal di Jakarta. Lama mereka tidak berjumpa. Ketika kecil mereka teman sepermainan untuk menyambung tali persahabatan yang putus, indah mengirim surat pribadi puput di Cirebon

Menemui sahabat

Di Cirebon

Halo puput

……………..saya sekeluarga juga sehat

Kalimat pembuka yang tepat untuk mengisi kalimat yang rumpun pada surat tersebut adalah....

a. Alhamdulillah saya sekeluarga di Jakarta sehat walafiat tak krang suatu apapun

b. Keadan aku sekarang sehat kan? Semoga tak krang suatu apapun, amin!

c. Bagaimana keadaanmu sekarang? Mudah-mudahan sehat, tak kurang suatu apapun

d. Semoga sekeluargaku di Cirebon sehat walafiat tak kurang suatu apa pun.

31 Penulisan alamat surat yang tepat adalah.

a. Yth. sdr. Pengurus OSIS

SMP Nusa Bangsa

Di Cirebon

b. Yth,: Sdr.Pengurus OSIS

SMP Nusa Bangsa

Di Cirebon

c. Yth. Sdr ; Pengurus OSIS

SMP Nusa Bangsa

Di Cirebon

d. Yth, Sdr.Pengurus OSIS

SMP Nusa Bangsa

Di Cirebon

32. Salah satu agenda acara Pecan Kreativitas Siswa di SMP Mawar Merah, ketua OSIS mengundang Kak Seto sebagai narasumber Motivasi dan Jatidiri Bagi Para Siswa

Isi suat undangan yang dibuat ketua OSIS untuk narasumber adalah….

a. Dengan hormat kami mengundang Kak Seto sebagi narasumber materi Motivasi dan Jatidiri dalam acara Pekan Kreativitas Siswa SMP Mawar Merah yang akan kami selengarakan pada….

b. Dengan ini kami beritahukan bahwa SMP Mawar Merah akan mengadakan acara PKS. Untuk itu kami mengundang Kakak hadir dalam acara yang akan kami selenggarakan pada ….

c. Dengan hormat kami atas nama OSIS SMP Mawar Merah menundang Kak Seto dlaam acara PKS yang akan kami selengarakan pada….

d. Dengan hormat kami beritahukan bahwa SMP Mawar Merah akan mengadakan acara PKS. Acara tersebut akan kami selenggarakan pada….

33 …….

Karena acara sangat penting, kami harap Ibu/Bapak hadir tepat waktu sehinga pembahasan masalah menjadi tuntas.

Maksud cuplikan surat tersebut adalah undangan untuk menghadiri acara….

a. Syukuran b. rapat c. resepsi d. pernikahan

34. Aku menonton sebulan sekali di gedung bioskop kalau kebetulan ada uang. Aku juga menonton ilm atau sinetron di televise kalu ada yang bagus. Kalau tidak, kugunakan untuk belajar. Televise bagiku tidak mengangu karena aku dapat membagi waktuku, kapan menonton dan kapan tidak.

Rangkuman yang tepat dari paragaf tersebut adalah….

a. Aku menonton film dan sinetron yang tak pernah menganggu waktu belajar adalah hidupku.

b. Aku menonton film di ioskop dan sinetron di elevisi di luar kesibukan belajarku

c. Film dan sinetron bagiku merupakan hiburan ersendiri disaat pikiranku kalut

d. Film dan sinetron bagiku tidak pernah menganggu kegiatan belajarku

35. Pemilihan Umum untuk memilih calon legislatif tinggal beberapa hari lagi. Namun sebagian besar masyarakat belum sadar arti pentingnya pemilu. KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu akan mensosialisasikan kegiatan ini.

Slogan yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah....

a. Pilihlah gambar yang sesuai dengan selera anda!

b. Pemilu adalah kependekan dari pemilihan umum.

c. Pemili sangat penting bagi anda semua.

d. Pemilu menentukan masa depan bangsa.

36. Cara membuat keripik pisang

1. Ambil pisang yang cukup tua, tetapi masih mentah dan bergetah

2. Kupas pisang dengan pisau

3. ....

4. Pisang direndam dengan air garam

5. ....

6. Keripik pisang siap dimakan

Agar cara membuat keripik pisang di atas sempurna, petunjuk ke-3 dan ke-5 yang tepat adalah...

a. 3. Pisang yang sudah dikupas lalu diiris tipis

5. Pisang yang sudah direndam lalu digoreng

b. 3. Pisang yang sudah direndam lalu digoreng

5. Pisang yang sudah dikupas lalu diiris tipis

c. 3. Pisang yang sudah dikupas lalu digoreng

5. Pisang yang sudah direndam lalu diiris tipis

d. 3. Pisang yang sudah direndam lalu diiris tipis

5. Pisang yang sudah dikupas lalu digoreng.

37. Petunjuk bertelepon

(1) Menyampaikan maksud

(2) Memperkenalkan diri dan menyebutkan nama orang yang diajak bicara

(3) Mengucapkan terima kasih

(4) Mengucapkan salam.

Tata urutan bertelepon yang santun adalah ....

a. 1 – 2 – 3 – 4 c. 4 – 2 – 1 – 3

b. 3 – 4 – 2 – 1 d. 2 – 1 – 3 – 4

38. Bapak Ibu yang saya hormati. Jika kita cermati, bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini banyak disebabkan oleh ulah manusia yang kurang bertanggung jawab. Manusia ingin menang sendiri. Manusia memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknya tanpa memerhatikan keselamatan lingkungan dan manusia yang bertindak semaunya sendiri. ...

Pidato di atas apabila kita akhiri dengan kalimat ajakan yang tepat adalah....

a. Oleh sebab itu, marilah kita selalu menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan!

b. Oleh sebab itu, marilah kita selalu melakukan reboisasi dimanapun kita berada!

c. Oleh sebab itu, marilah kita selalu berlaku ramah dan adil terhadap lingkungan!

d. Oleh sebab itu, marilah kita selalu membicarakan tentang keselamatan lingkungan!

39. Seorang dai akan berceramah dengan tema Mendidik Putra Putri dengan Baik dan Benar. Pembuka ceramah yang tepat adalah....

a. Hadirin yang saya hormati, Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus mendapatkan perhatian dari orang tuanya secara serius, terutama dalam hal pendidikan

b. Hadirin yang saya hormati, Pada ceramah kali ini saya akan membahas bagaimana mendidik putra-putri dengan baik dan benar sesusi dengan tuntunan agama Islam.

c. Hadirin yang saya hormati, Pada kesempatan khutbah ini saya mengajak hadirin sekalian, pada umumnya, dan terutama pada diri saya sendiri, khususnya, untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT!

d. Hadirin yang saya hormati, Jadi, kita harus pandai mendidik anak karena anak merupakan masa depan kita dan amanah dari Allah SWT.

40. Tema: Belajar penentu masa depan yang cerah.

Rumusan masalah yang tepat dalam karya tulis berdasarkan tema di atas adalah ….

a. Mengapa kecerahan masa depan berada pada belajar yang rajin?

b. Dapatkah rajin belajar mengubah dan menentukan masa depan?

c. Apakah belajar yang rajin itu mampu mengubah masa depan menjadi cerah?

d. Bagaimana proses belajar yang dapat menentukan masa depan yang cerah?

41. Seorang siswa SMPN 1 Weru mendapatkan tugas dari guru Bahasa Indonesia unutk membuat karya tulis dengan tema Dinamika Belajar Kelompok.

Berdasarkan tema tersebut maka tujuan karya tulis yang tepat adalah.......

a. Siswa mendekripsikan kelemahan dan kelebihan belajar kelompok

b. Siswa menyebutkan ciri-ciri belajar dengan untung dan ruginya belajar dengan berkelompok.

c. Siswa mampu melaksanakan kegiatan belajar dengan sistem kelompok.

d. Siswa menyebutkan cara sistem kelompok.

42. .(1) Berita kehilangan sepeda motor masih sering kita dengar. (2) hal itu masih saja terjadi walaupun masyarakat sering diimbau agar lebih berhati-hati. (3) Imbauan pak Polisi untuk menambah kunci pengaman pun sudah sering kita dengar. (4) Kehilangan sepeda motor dapat pula terjadi karena pengendara meninggalkan kunci pada kendaraannya. (5) Yang merasa lupa mengambil kunci sebaiknya dititipkan kepada penjaga kendaraan.

Kalimat sumbang pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...

a. 3 b. 2 c. 5 d. 4

43. Pemakaian tanda baca dan penulisan huruf besar yang tepat terdapat pada paragraf ...

a. Setiap kotamadya atau kabupaten memiliki slogan sendiri, contohnya: Tegar Beriman (kabupaten bogor); Berjuang (kabupaten ngawi); Bertakwa (kabupaten serang), danmasih banyak lagi.

b. Setiap kotamadya atau kabupaten memiliki slogan sendiri. Contohnya: Tegar Beriman (Kabupaten Bogor); Berjuang (Kabupaten Ngawi); Bertakwa (Kabupaten Serang); dan masih banyak lagi.

c. Setiap kotamadya atau kabupaten memiliki slogan sendiri, Contohnya: Tegar Beriman (Kabupaten bogor), Berjuang (Kabupaten ngawi), Bertakwa (kabupaten serang), dan masih banyak lagi.

d. Setiap kotamadya atau kabupaten memiliki slogan sendiri. Contohnya, Tegar Beriman (kabupaten Bogor), Berjuang (kabupaten Ngawi), Bertakwa (kabupaten Serang), dan masih banyak lagi.

44. SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dahulu selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mereka bahkan mengatakan SMK kampungan. Tetapi, sekarang SMK menjadi primadona. Alumni SMK adalah manusia-manusia terlatih yang siap bekerja. Jelas, SMK telah mampu memberikan nilai terhadap kebutuhan tenaga terampil.

Kata nilai pada paragraf tersebut kurang tepat. Kata yang tepat adalah

a. akselerasi c. asumsi

b. kontribusi d. Distribusi

45. Air dalam bertambah dalam

....

Hati dendam bertambah dendam

Dendam dahulu belum lagi sembuh

Agar pantun di atas sempurna, baris ke-2 adalah

a. Sakit tidak sembuh

b. Bangun tidur pagi harus sebelum subuh

c. Air kolam semakin dangkal

d. Hujan di hulu belum lagi teduh

46. Sehari penuh kita melakukan aktivitas. Berkomunikasi dengan orang lain. Tentu saja manusiawi kalau kita melakukan kesalahan dan dosa. Setiap malam kita beristirahat. Dan untuk mengawali hari, awalilah pagi dengan hati yang bersih. Hanya Allah SWT yang Maha Pengampun yang bisa membersihkan hati kita.

Pantun yng sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....

a. Sehari penuh kita melakukan aktivitas.

Berkomunikasi dengan orang lain.

Tentu saja manusiawi kalau kita melakukan kesalahan dan dosa.

Setiap malam kita beristirahat

b. Sepanjang hari kita bekerja

Berkomunikasi dengan siapa saja

Berlakulah dengan sangat sahaja

Mintalah ampun pada Yang Maha Raja

c. Anak ayam turun sepuluh

Mati seekor tinggal sembilan

Bangun pagi sembahyang subuh

Minta ampun kepada Tuhan

d. Pisang ambon pisang raja

Tumbuh subur di pesawahan

Kalau kita sering bekerja

Mintalah ampun kepada Tuhan

.

47. Perpisahan

Akhirnya peluit pun dibunyikan

Buat penghabisan kali kugenggam jarimu

Lewat celah kaca jendela

Lalu perlahan-lahan jarak antara kita

Mengembang jua

Dan tinggallah rel-rel, peron dan lampu

Yang menggigil di angin senja

(Elha)

Baris ke-6 dan ke-7 puisi tersebut menggunakan majas ....

a. personifikasi

b. metafora

c. litotes

d. asosiasi

48. Perhatikan puisi di bawah ini!

Menyesal

Pagiku hilang sudah ....

Hari mudaku sudah pergi

Sekarang petang sudah datang ....

Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi

Beta lengah di masa muda

Kini hidup meracun hati

Miskin ilmu miskin harta

Ah apa guna kusesalkan

Menyesal tua tidak berguna

Hanya menambah luka sukma

Kepada yang muda ku harapkan

Atur barisan di hari pagi

Menuju ke atas padang bakti

(A. Hasjmi)

Agar baris ke-1 dan ke-3 bait pertama puisi di atas memiliki irama yang sama, kata yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang di atas adalah....

a. melayang dan membayang

b. karam dan kembali

c. malam dan kelam

d. ditelan zaman dan bersamaan

49. Perhatikan gambar di bawah ini!




Puisi yang sesuai dengan gambar di atas adalah....

a. Hore

Banjir telah tiba

Aku sangat senang sekali

Banjir memang membawa berkah

Bagi keluarga kami

b. Air semakin membumbung

Tapi ini bukan watter boom

Bencana kembali melanda

Semuanya serba susah

Ini semua karena ulah manusia

c. Berenang memang mengasikkan

Bapak, ibu, dan anak

Semuanya basah dan kedinginan

Asik!

Olahraga renang sungguh menyehatkan

d. Diobok-obok

airnya diobok-obok

Ada ikannya

kecil-kecil pada mabok

50. Perhatikan penggalan drama di bawah!

Markonah : “Jo, pagi ini kamu kelihatan sangat lesu. Biasanya kamu selalu terlihat cerah. Ada apa, Jo?’

Paijo : .....

Markonah : “Benar nih, enggak ada apa-apa. Rasanya tidak mungkin karena dari tadi kamu diam saja. Ada apa sih, sebenarnya?”

Paijo : “Markonah, sebetulnya aku sedang sakit gigi. Kepalaku pusing sekali sehingga aku malas berbicara.

Markonah : “Jo, sebaiknya kamu berobat ke Puskesmas saja.”

Dialog pertama Pipit yang tepat adalah

a. Apa-apan sih kamu, Markonah?

b. Memang apa-apanya, dong?

c. Ada saja. Kamu ingin tahu saja sih.

d. Oh, enggak ada apa-apa kok, Markonah.

2 komentar:

ridvin vinhy mengatakan...

mngpa soal² yang lain tdk ad gmbar'a...
msal'a prhtikan gmbar di bawah ini...!
tpi tdk ad gmbar ap² yang mncul...????

Anonim mengatakan...

berantakan banget blognya . gimana orang mau ngerti