TENTANG AKU

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Pernah menjadi guru berprestasi tingkat nasional tahun 2003, sekarang masih mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk menambah tantangan dan membuka wawasan, saya juga menjadi guru di Unswagati Cirebon, Akbid Muhammadiyah Cirebon, serta Aktif mengurusi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Cirebon dan Provinsi Jawa Barat.

Sabtu, 19 Maret 2011

Kisi-kisi UN SMP 2011 IPA

CONTOH

KISI-KISI SOAL UN – MATA PELAJARAN IPA-FISIKA

No.

Urut

SKL

Indikator

Materi

Contoh Indikator Soal

No. Soal


(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)


1

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

· Besaran dan Satuan

· Pengukuran

Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), siswa dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut


2

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis

Massa Jenis

Disajikan data massa dan volume benda (dalam gelas ukur atau gambar balok), siswa dapat menentukan massa jenis benda tersebut


Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

· Suhu

· Kalor

· Pemuaian

Disajikan peristiwa kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam peristiwa tersebut


Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat

Disajikan data (Q, m, c, Dt) atau (Q, m, L), siswa dapat menentukan atau membandingkan salah satu variabel tersebut

Disajikan grafik suhu dan kalor, siswa dapat menentukan bagian grafik yang menunjukkan perubahan suhu atau perubahan wujud serta menentukan kalor yang diperlukan


3

Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

· Gerak (GLB dan GLBB)

Disajikan peristiwa gerak dalam kehidupan sehari-hari (GLB dan GLBB), siswa dapat menentukan jenis gerak pada peristiwa tersebut


Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat

· Tekanan

Disajikan benda dengan berbagai luas permukaan, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan yang dihasilkan

Disajikan data dan atau gambar fluida dalam suatu wadah, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan pada posisi tertentu


Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari

· Usaha

· Energi dan Perubahannya

Disajikan suatu alat (dalam kehidupan sehari-hari), siswa dapat menentukan perubahan energi pada alat tersebut


Menentukan besaran fisika pada usaha atau energi

Disajikan berbagai data dan atau gambar berbagai gaya dan perpindahan, siswa dapat menentukan atau membandingkan usahanya


Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

· Pesawat Sederhana

Disajikan berbagai alat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang digunakan


4

Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang

· Getaran

· Gelombang

Disajikan data dan atau gambar (bandul atau pegas) yang bergetar, siswa dapat menentukan besaran-besaran getaran (T, f)-nya

Disajikan data dan atau gambar gelombang, siswa dapat menentukan besaran-besaran gelombang (l, v) tersebut


Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.

· Bunyi

Disajikan beberapa pernyataan tentang pemanfaatan, sifat, atau ciri bunyi, siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar

Disajikan gambar atau data rambatan atau pemantulan bunyi, siswa dapat menentukan jarak atau cepat rambat bunyi tersebut


Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin

· Optik geometri

Disajikan data dan atau gambar (cermin atau lensa), siswa dapat menentukan salah satu besaran (So, Si, f, h, h’, M, R)


Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

· Alat Optik

Disajikan data dan atau gambar cacat mata, siswa dapat menentukan lensa (jenis, kekuatan) untuk menolong penderita cacat mata tersebut


5

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan fenomena listrik statis

· Listrik Statis

Disajikan peristiwa pemuatan listrik statis, siswa dapat menentukan jenis muatan yang dihasilkan beserta interaksinya


Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik

· Listrik Dinamis

Disajikan data dan atau gambar rangkaian listrik (seri, paralel, campuran), siswa dapat menentukan salah satu besaran (V, I, Rpengganti)


Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari

· Energi dan Daya Listrik

Disajikan beberapa alat listrik beserta spesifikasinya, siswa dapat menentukan biaya listrik yang harus dibayar


Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan

· Kemagnetan

Disajikan peristiwa pembuatan magnet, siswa dapat menentukan kutub magnet (jenis dan sifat) yang dihasilkan beserta interaksinya


Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi

· Induksi Elektromagnet

Disajikan beberapa faktor yang mempengaruhi GGL induksi, siswa dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor tersebut


6.

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya

· Sistem Tatasurya

Disajikan karakteristik benda langit, siswa dapat menjelaskan karakteristik benda langit tersebut


Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan

· Pemanasan Global

· Rotasi dan Revolusi Bumi dan Bulan\

Disajikan fenomena pemanasan global, siswa dapat menjelaskan penyebab atau dampaknya

Disajikan gambar peredaran bumi dan bulan, siswa dapat menjelaskan akibat terjadinya peredaran tersebut




KISI-KISI SOAL BIMTEK UN 2010-2011

MAPEL BIOLOGI

No

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

INDIKATOR SOAL

NO. SOAL

1

Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup

Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

Disediakan gambar hewan, siswa dapat menentukan ciri mahluk hidup yang teramati

26

Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup

Disediakan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menntukan ciri salah satu kelompok tumbuhan

27

2

Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan

Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Disediakan skema jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai makanan penyusunnya

Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh interaksi mahluk hidup dengan organismenya

28

29

Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Siswa dapat menentukan salah satu cara mengatasi pencermaran air

30

Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

Disediakan gambar hewan langka, siswa dapat menentukan usaha manusisa dalam melestarikan hewan

31

Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan

Siswa dapat menentukan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadapkelestarian sumber daya alam

32

3

Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Mengidentifikasi bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia

Disediakan gambar persendian, siswa dapat menentukan nama sendi pada sistem gerak manusia

Disefiakan data ciri-ciri otot, siswa dapat mentukan ciri otot polos pada manusia.

33

34

Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut

Disediakan gambar sistem pencernaan manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu organ yang menghasilkan enzim pencernaan

35

Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia

Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian darah.

36

Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

Disediakan skema penampang ginjal, siswa dapat menunjukkan bagian ginjal dan fungsinya

37

Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia

Disediakan gambar otak manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian otak dan fungsinya

38

Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan

Disediakan gambar penampang melintang batang, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian jaringan batang.

39

Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

Disediakan gambar tumbuhan, siswa dapat meramalkan respon yang terjadi bila diberikan rangsangan

Disediakan data percobaan iritabilita pada tanaman siswa dapat meramalkan hasil percobaannya

40

41

Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut

Disedian gambar salah satu percobaan fotosintesis, siswa dapat menyusun kesimpulan hasil percobaan tersebut.

42

4

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat

Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

Siswa dapat menyebutkan salah satu perilaku hewan dalam menanggapi rangsang.

43

Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel

Disediakan data tentang persilangan dihibrid, siswa dapat menentukan persentase/jumlah salah satu keturunan pada F2

Diberikan penjelasan tentang perkawinan dihibrid dan hasil keturunannya, siswa dapat menentukan genotip parentalnya

44

45

Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya

Disediakan pernyataan kejadian, siswa dapat mentukan salah satu teknologi reproduksi pada hewan

Disediakan salah satu skema proses teknologi reproduksi pada tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis teknologi reproduksi yang digunakan

46

47

Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan

Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh mikroorganisme yang berperan dalam bioteknologi konvensional.

48

5

Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan

Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan

Disediakan data kandungan bahan dalam kemasan makanan, siswa dapat menentukan bahan aditifnya

49

Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita

Disediakan data ciri-ciri orang yang menggunakan psikotropika, siswa dapat menentukan ciri orang yang menggunakan ecstasy

50

Tidak ada komentar: