CONTOH
KISI-KISI SOAL UN – MATA PELAJARAN IPA-FISIKA
No. Urut | SKL | Indikator | Materi | Contoh Indikator Soal | No. Soal | |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | |
1 | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | · Besaran dan Satuan · Pengukuran | Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), siswa dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut |
| |
2 | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis | Massa Jenis | Disajikan data massa dan volume benda (dalam gelas ukur atau gambar balok), siswa dapat menentukan massa jenis benda tersebut |
| |
Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam kehidupan sehari-hari | · Suhu · Kalor · Pemuaian | Disajikan peristiwa kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam peristiwa tersebut |
| |||
Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat | Disajikan data (Q, m, c, Dt) atau (Q, m, L), siswa dapat menentukan atau membandingkan salah satu variabel tersebut
Disajikan grafik suhu dan kalor, siswa dapat menentukan bagian grafik yang menunjukkan perubahan suhu atau perubahan wujud serta menentukan kalor yang diperlukan |
| ||||
3 | Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari | · Gerak (GLB dan GLBB)
| Disajikan peristiwa gerak dalam kehidupan sehari-hari (GLB dan GLBB), siswa dapat menentukan jenis gerak pada peristiwa tersebut
|
| |
Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat | · Tekanan | Disajikan benda dengan berbagai luas permukaan, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan yang dihasilkan
Disajikan data dan atau gambar fluida dalam suatu wadah, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan pada posisi tertentu |
| |||
Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari | · Usaha · Energi dan Perubahannya
| Disajikan suatu alat (dalam kehidupan sehari-hari), siswa dapat menentukan perubahan energi pada alat tersebut |
| |||
Menentukan besaran fisika pada usaha atau energi | Disajikan berbagai data dan atau gambar berbagai gaya dan perpindahan, siswa dapat menentukan atau membandingkan usahanya |
| ||||
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | · Pesawat Sederhana
| Disajikan berbagai alat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang digunakan |
| |||
4 | Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang | · Getaran · Gelombang | Disajikan data dan atau gambar (bandul atau pegas) yang bergetar, siswa dapat menentukan besaran-besaran getaran (T, f)-nya
Disajikan data dan atau gambar gelombang, siswa dapat menentukan besaran-besaran gelombang (l, v) tersebut |
| |
Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya. | · Bunyi
| Disajikan beberapa pernyataan tentang pemanfaatan, sifat, atau ciri bunyi, siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar
Disajikan gambar atau data rambatan atau pemantulan bunyi, siswa dapat menentukan jarak atau cepat rambat bunyi tersebut |
| |||
Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin | · Optik geometri | Disajikan data dan atau gambar (cermin atau lensa), siswa dapat menentukan salah satu besaran (So, Si, f, h, h’, M, R) |
| |||
Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Alat Optik
| Disajikan data dan atau gambar cacat mata, siswa dapat menentukan lensa (jenis, kekuatan) untuk menolong penderita cacat mata tersebut |
| |||
5 | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan fenomena listrik statis | · Listrik Statis | Disajikan peristiwa pemuatan listrik statis, siswa dapat menentukan jenis muatan yang dihasilkan beserta interaksinya |
| |
Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik | · Listrik Dinamis | Disajikan data dan atau gambar rangkaian listrik (seri, paralel, campuran), siswa dapat menentukan salah satu besaran (V, I, Rpengganti) |
| |||
Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari | · Energi dan Daya Listrik | Disajikan beberapa alat listrik beserta spesifikasinya, siswa dapat menentukan biaya listrik yang harus dibayar |
| |||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan | · Kemagnetan | Disajikan peristiwa pembuatan magnet, siswa dapat menentukan kutub magnet (jenis dan sifat) yang dihasilkan beserta interaksinya |
| |||
|
| Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi | · Induksi Elektromagnet | Disajikan beberapa faktor yang mempengaruhi GGL induksi, siswa dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor tersebut |
| |
6. | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya | · Sistem Tatasurya | Disajikan karakteristik benda langit, siswa dapat menjelaskan karakteristik benda langit tersebut |
| |
Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan | · Pemanasan Global · Rotasi dan Revolusi Bumi dan Bulan\ | Disajikan fenomena pemanasan global, siswa dapat menjelaskan penyebab atau dampaknya
Disajikan gambar peredaran bumi dan bulan, siswa dapat menjelaskan akibat terjadinya peredaran tersebut |
| |||
|
|
KISI-KISI SOAL BIMTEK UN 2010-2011
MAPEL BIOLOGI
No | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR | INDIKATOR SOAL | NO. SOAL |
1 | Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup | Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup | Disediakan gambar hewan, siswa dapat menentukan ciri mahluk hidup yang teramati | 26 |
Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup | Disediakan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menntukan ciri salah satu kelompok tumbuhan | 27 | ||
2 | Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan | Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem | Disediakan skema jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai makanan penyusunnya Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh interaksi mahluk hidup dengan organismenya | 28
29 |
Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan | Siswa dapat menentukan salah satu cara mengatasi pencermaran air | 30 | ||
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup | Disediakan gambar hewan langka, siswa dapat menentukan usaha manusisa dalam melestarikan hewan | 31 | ||
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan | Siswa dapat menentukan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadapkelestarian sumber daya alam | 32 | ||
3 | Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.
| Mengidentifikasi bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia | Disediakan gambar persendian, siswa dapat menentukan nama sendi pada sistem gerak manusia Disefiakan data ciri-ciri otot, siswa dapat mentukan ciri otot polos pada manusia. | 33
34 |
Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut | Disediakan gambar sistem pencernaan manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu organ yang menghasilkan enzim pencernaan | 35 | ||
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia | Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian darah. | 36 | ||
|
| Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal) | Disediakan skema penampang ginjal, siswa dapat menunjukkan bagian ginjal dan fungsinya | 37 |
Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia
| Disediakan gambar otak manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian otak dan fungsinya | 38 | ||
Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan | Disediakan gambar penampang melintang batang, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian jaringan batang. | 39 | ||
Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar | Disediakan gambar tumbuhan, siswa dapat meramalkan respon yang terjadi bila diberikan rangsangan Disediakan data percobaan iritabilita pada tanaman siswa dapat meramalkan hasil percobaannya | 40
41 | ||
Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut
| Disedian gambar salah satu percobaan fotosintesis, siswa dapat menyusun kesimpulan hasil percobaan tersebut. | 42 | ||
4 | Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat | Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya | Siswa dapat menyebutkan salah satu perilaku hewan dalam menanggapi rangsang. | 43 |
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel | Disediakan data tentang persilangan dihibrid, siswa dapat menentukan persentase/jumlah salah satu keturunan pada F2 Diberikan penjelasan tentang perkawinan dihibrid dan hasil keturunannya, siswa dapat menentukan genotip parentalnya | 44
45 | ||
Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya | Disediakan pernyataan kejadian, siswa dapat mentukan salah satu teknologi reproduksi pada hewan Disediakan salah satu skema proses teknologi reproduksi pada tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis teknologi reproduksi yang digunakan | 46
47 | ||
Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh mikroorganisme yang berperan dalam bioteknologi konvensional. | 48 | ||
5 | Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan | Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan | Disediakan data kandungan bahan dalam kemasan makanan, siswa dapat menentukan bahan aditifnya | 49 |
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita | Disediakan data ciri-ciri orang yang menggunakan psikotropika, siswa dapat menentukan ciri orang yang menggunakan ecstasy | 50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar