TENTANG AKU

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Pernah menjadi guru berprestasi tingkat nasional tahun 2003, sekarang masih mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk menambah tantangan dan membuka wawasan, saya juga menjadi guru di Unswagati Cirebon, Akbid Muhammadiyah Cirebon, serta Aktif mengurusi MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Cirebon dan Provinsi Jawa Barat.

Sabtu, 19 Maret 2011

Prediksi soal UN Bahasa Inggris SMP 2011

PAKET I

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INGGRIS SMP/MTS



Read the text and answer question 1.













1.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna “CAUTION”
• Indikator Soal : Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan makna tersirat yang ada pada teks tersebut.
• Soal :

What does the above caution mean?
A. Children are playing games around the place.
B. Children are not allowed to play around the area.
C. It is the place for children to play.
D. Be careful because children usually play.
• Kunci jawaban: D
• Pembahasan:
Caution di atas dimaksudkan untuk memberi peringatan kepada orang agar berhat-hati karena ada anak-anak yang sedang bermain. Hal ini diketahui dari kata “live” dan “playing”

Observe the opicture to answer question number 2









2.
• Kemampuan yang diuji : Informasi rinci tersurat dari “CAUTION”
• Indikator Soal : Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada teks tersebut.
• Soal :
The notice means that….
A. the parking lot is only meant for visitors
B. only people having permission can park their car at the parking lot
C. the visitors are permitted to leave their vehicle at the parking lot
D. people must take the parking tickets before entering the parking lot
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan :
Jawaban yang tepat adalah B, karena hanya orang yang telah mendapatkan ijin yang boleh parkir di tempat parkir.Kata kunci “Permit only”


Read this text and answer questions 3 and 4 .











3.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata.
• Indikator : Disajikan satu GREETING CARD, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks tersebut.
• Soal :
The word “wish” in the text nearly means ….
A. see
B. look
C. hope
D. want
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan :
Kata wishes (wish) yang terdapat pada kalimat This card comes with living wishes …
Yang paling tepat adalah “hope”.






4.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan Tujuan Text
• Indikator : Disajikan satu teks fungsional pendek berbentuk GREETING CARD, siswa dapat menentukan tujuan text tsb
• Soal:
The purpose of the text above is….
A. to remind someone about New Year
B. to greet someone for the New Year
C. to inform everyone about New Year
D. to invite someone to a New Year Celebration
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan:
Tujuan dari teks tersebut adalah mengucapkan selamat tahun baru; kata kunci’’ Happy New Year 2010’’


Read the text below and answer question 5 and 6.










5.
• Kemampuan yang diuji : Menemukan Informasi Rinci
• Indikator : Disajikan satu teks fungsional pendek berbentuk MESSAGE, siswa dapat menentukan informasi rinci dari text tersebut
• Soal :
The scout meeting is postphoned because of Mr Brown’s….
A. absence
B. meeting
C. coming
D. information
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan :
Scout meeting ditunda karena ketidakhadiran Mr Brown. Kata kunci’’… until Mr Brown is back from Egypt”.







6.
• Kemampuan yang diuji : Menemukan rujukan kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang memuat rujukan kata tertentu, siswa dapat, menentukan rujukan kata tersebut
• Soal:
‘’Please let others know…”
The word others refers to …
A. Dona and Riri
B. Riry and Mr Brown
C. Mr. Brown and Dona
D. scout members
• Kunci Jawaban : D
• Pembahsan :
Kata others dimaksudkan untuk anggota pramuka yang lain selain Dona, rapat itu untuk anggota pramuki.

Read this text and answer questions 7 and 8.
































7.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci.
• Indikator : Disajikan sebuah Greeting Card, siswa dapat menentukan informasi rinci dari “INVITATION CARD” tersebut
• Soal :
The party will be held …
A. in the morning
B. in the evening
C. in the afternoon
D. at night
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan:
Kelly Madison’birthday party akan dilaksanakan pada siang hari, kata kunci: “Saturday, June 22nd at 12.30 p.m”.

8.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan tujuan Text
• Indikator : Disajikan satu INVITATION CARD, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut
• Soal:
The purpose of the text above is ….
A. to forbid someone to come to Kelly Madison’s birthday party
B. to invite someone to attend Kelly Madison’s birthday party
C. to inform everyone about a birthday party
D. to remind someone to celebrate a birthday
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan:
Tujuan dari teks tersebut adalah inviting people untuk merayakan ulang tahun Kelly Madison. Kata kuncinya adalah “you’re invited to”

Read the following text to answer questions 9 and 10.

















9.
• Kemampuan yang diuji : Menemukan informasi tersirat
• Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan infomasi tersirat dari teks tersebut
• Soal:
Who is in charge of the program?
A. The students.
B. The teacher.
C. Mrs. Erika.
D. Board of Students Association.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan:
Semua jawaban yang terdapat pada option di atas salah kecuali jawaban C. Hal ini terdapat pada kalimat terakhir dari announcement tersebut.

10.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
• Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
• Soal :
The text is about ….
A. Programs to celebrate the National Education Day
B. explaining special programs in January
C. inviting students to come to school in January
D. informing some programs on Jan 4th, 2010
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Tujuan dari teks di atas adalah menginformasikan program yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional


Read the following announcement and answer questions 11 to 12.















11.
• Kemampuan yang diuji : Menemukan informasi tersirat
• Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari text tersebut.
• Soal :
When will the meeting start?
A. Around 4.05 p.m.
B. At about 4.15 p.m
C. At 4.50 p.m
D. At 5.00 p.m
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan :
Jawaban B, karena“The meeting is expected to last around 45 minutes and finish by 5”

12.
• Kemampuan yang diuji : Menemukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
• Soal :
What should a student do if she is not able to attend the meeting?
A. Go home.
B. Go to the library.
C. Ask for permission from Mr. Elder.
D. Let the class teacher know about her absence.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan :
Kalimat yang menyatakan bahwa yang tidak bisa ikut meeting harap menghubungi Mr. Elder adalah “Should anyone be unable to attend the meeting, find Mr. Elder for permission…”


Read the following text to answer questions 13 to 16.















13.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
Indikator : Disajikan satu teks deskriptif, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks REPORT tersebut.
• Soal :
What is the text about?
A. Describing bees in general.
B. Explaining bees in Antarctica.
C. Telling the habitat of the bees.
D. Giving information about bees in the Northern Hemisphere.
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan :
Jawaban paling tepat adalah A. Hal ini dilihat dari deskripsi Bees are flying insects … yang tidak mendeskripsikan bees secara khusus.

14.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan pikiran Utama
Indikator : Disajikan satu teks REPORT, siswa dapat menentukan pikiran utama dari paragraf yang ditentukan
• Soal :
What is the main idea of paragraph one?
A. Bees live on every continent.
B. Bees belong to flying insects.
C. Bees produce honey and beeswax.
D. Bees only live with insect-flowering plants.
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan:
Kesimpulan dari paragaf 1 adalah menjelaskan tentang bees dan termasuk ke dalam flying insects.


15.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator : Disajikan satu teks DESKRIPTIF, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada text tersebut.
• Soal :
Which of the following sentences describes the physical appearance bees?
A. None has wings.
B. It has 13 antennae.
C. Its length is 39 mm.
D. Its tongue is complex.
• Kunci Jawaban: D
• Pembahasan:
Jawaban paling tepat adalah D. Hal ini diambil dari kalimat pertama pada paragraph ke 2 yang menyatakan Bees have a long proboscis (a complex "tongue") that …



16.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan rujukan Kata
Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks DESKRIPTIF yang disediakan, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu dalam kalimat tersebut.
• Soal :
“They are found on every continent except Antarctica,…”
The word “they” refers to … .
A. ants
B. bees
C. insects
D. flying insects
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan :
Kata they merujuk kata bees yang terdapat pada kalimat sebelumnya yatu there yang meryjuk pada kata bees.


Read the following text and answer questions 17 to 20.















17.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut
• Soal :
Where did the writer and his family set up their tent?
A. Near the river.
B. Near the big tree.
C. At the back of the river.
D. Far away from other campers.
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan
Jawaban diambil dari kalimat “Finally we found a good place little bit further. It was near the big tree”

18.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan tujuan Text
• Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut
• Soal :
What is the purpose of the text above?
A. To describe a camping site.
B. To give instruction how to set up the tent.
C. To retell the writer’s past camping experience .
D. To inform people the new camping site.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Tujuan penulisan teks recount adalah untuk menceritakan pengalaman tentang kamping. Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah C.

19.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi tersirat
• Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut
• Soal :
What is the writer and his father’s hobby?
A. Camping.
B. Cooking.
C. Fishing.
D. Playing ball.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan :
Jawaban ini diambil dari kalimat yang terdapat dalam text yaitu, “After setting up the tent, I and my father went fishing”.

20.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna Kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks RECOUNT yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam kalimat tersebut.
• Soal :
“…the river had been occupied by…” The underlined word is similar in meaning to…
A. inhabited
B. authorized
C. bought
D. grabbed
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan :
Makna kata yang tepat untuk kata occupied adalah inhibited (ditempati).




Read the following text and answer questions 21 to 24.

MAKING CANDLES
Making coloured and scented candles is really quick and simple. What's more, you'll save so much money. If making candles is easy, why do you ever buy one from a shop? What you need in making candles are wax, moulds, wick, dye discs, essential oils, and a double boiler. All these materials are available from craft shops. Or if you do not want to buy them, you can improvise with an old saucepan, Pyrex jug, or even a sturdy can, in a pot of water. After providing the materials, follow this procedure or instruction in making candles!

First of all, melt the wax. All wax has a flash point, so to prevent it from bursting into flames; you must melt it in a double boiler, with water at the bottom of the pan.
Then, prepare the mould with the wick. Thread the wick through the mould and make sure that you leave a good few centimeters sticking out of the hole in the bottom.
After that, add the scent. If you want a scented candle, add a few drops of essential oil to the melted wax. You can use any essential oil you like, as long as it doesn't contain water.
Next step, pour the wax into the mould. Try and tip the wax into the mould quickly, all in one go, to minimize spillage and air bubbles.
Then, release the bubbles and top it up. Releasing the air bubbles will eventually make the candle sink, so you will need to top it up with more melted wax.
Finally, remove it from the mould. After four or five hours, the candle can be taken out of its mould.
Your candle is now ready for display. Remember, you must always leave it for a day before lighting it.

Source: www.channel4.com/4homes/design-style/how-to-guides/how-to-make-candles-intro-09-04-21_p_1.html


21.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan pikiran utama.
• Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan pikiran utama dalam paragraf tertentu dalam teks tersebut.
• Soal :
What does paragraph one tell us about?
A. The steps in making candles.
B. The materials we need in making candles.
C. The goal of the text in making candles.
D. The way to make candles.
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan:
Paragraph pertama menjelaskan bahan-bahan (materials) yang seharusnya
dipersiapkan dalam membuat lilin.


22.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dalam teks tersebut.
• Soal :
What should you do after melting the wax?
A. Pour the melting wax into the mould.
B. Remove the melting wax from the mould.
C. Prepare the mould with the wick.
D. Release the bubbles and top it up.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan:
Pada step 1 tertulis melt the wick dan pada langkah berikutnya (step 2) prepare the mould with the wick.

23.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci
• Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan informasi rinci yang terapat pada teks yang sama
• Soal
Where can you buy the materials for making candles?
A. At the handicraft shop.
B. At the super market.
C. At the stall.
D. At the craft shop.
• Kunci Jawaban : D
• Pembahasan
Kalimat pendukung untuk menjawab pertanyaan ini terdapat pada All these materials are available from craft shops. Jadi jawaban yang paling tepat adalah D


24.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna Kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks PROCEDURE yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam teks yang sama
• Soal :
“…, so to prevent it from bursting into flames you …”
The word “bursting” means …
A. exploding
B. melting
C. satisfying
D. becoming
• Kunci jawaban : A
• Pembahasan:
Makna kata (synonym) yang paling tepat untuk kata bursting yaitu exploding


Read the following text and answer questions 25 to 28.


THE SMARTEST PARROT

Once upon time, a man had a wonderful parrot. There was no other parrot like it. The parrot could say every word, except one word. The parrot would not say the name of the place where it was born. The name of the place was Catano.
The man felt excited having the smartest parrot but he could not understand why the parrot would not say Catano. The man tried to teach the bird to say Catano, however the bird did not say the word.
At first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You stupid bird!” pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano! Or I will kill you” the man said angrily. Although he tried hard to teach, the parrot would not say it. Then the man got so angry and shouted to the bird over and over; “Say Catano or I’ll kill you”. The bird kept silent.
One day, after trying so many times to make the bird say Catano, the man really got very angry. He could not bear it. He picked the parrot and threw it into the chicken house. There were four old chickens for next dinner “You are as stupid as the chickens. Just stay with them” Said the man angrily. Then he continued to mumble; “You know I will cut the chicken for my meal. Next it will be your turn, I will eat you too, stupid parrot”. After that he left the chicken house.
The next day, the man came back to the chicken house. He opened the door and was very surprised. He could not believe what he saw at the chicken house. There were three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was standing proudly and screaming at the last old chicken; “Say Catano or I’ll kill you”.



25.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersirat
• Indikator : Disajikan satu teks NARATIF, siswa dapat menentukan informasi rinci tersirat dari teks tersebut.
• Soal :
Why did the man feel so angry with the parrot?
A. It could say everything except Catano.
B. It couldn’t say anything.
C. It was a parrot like others.
D. It was a stupid parrot.
• Kunci jawaban : A
• Pembahasan:
Jawaban diambil dari kalimat
At the first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You stupid
bird!” pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano!





26.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan tujuan Text
• Indikator : Disajikan satu teks naratif, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut.
• Soal :
What is the purpose of the text above?
A. To describe a very cunning parrot.
B. To tell us about a cruel man who owned a parrot.
C. To entertain the readers by telling about the smartest parrot.
D. To explain why the parrot owner was very angry.
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan:
Tujuan text narrative adalah untuk menghibur (amuse/entertain the reader)

27.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan pesan moral
• Indikator : Disajikan satu teks NARATIF, siswa dapat menentukan pesan moral dari teks tersebut.
• Soal :
From the text we learn that … .
A. we have to respect others
B. we have to imitate others
C. we should not force others to do something
D. we must not hurt others’ feeling
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan:
Cerita di atas menggambarkan bahwa kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, meskipun hanya seekor binatang. Jadi jawaban yang paling tepat adalah C

28.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata.
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks NARATIF yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam kalinat tersebut
• Soal :
“… the parrot was standing proudly and screaming at the last old chicken …”
The word “proudly” nearly means …
A. arrogantly
B. bravely
C. smugly
D. humbly
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan :
Arti kata yang paling tepat adalah arrogantly.





Read the following text and answer questions 29 to 34.

MILK CALCIUM
Dietary Supplement
600 mg 100 Soft gels
Supplement Facts
Serving size : 1 soft gel
Amount per 1 soft gel % Daily Value*
Vitamin D 200 IU 50
Calcium (from milk) 600 mg 60
Zinc 15 mg *
*Daily value has not been established
Other ingredients: Gelatin, Glycerin, Purified Water
Directions: As a dietary supplement, take one soft gel for adults daily.
Manufactured for: EXP 04 27 10
NU-HEALTH PRODUCTS CO. LOT 2 75 61
Walnut, CA 91789
Made in U.S.A.

29.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum text LABEL
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
• Soal :
The label is telling us about … of a dietary supplement.
A. the information
B. the usage
C. the materials
D. the benefits
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Jawaban tersebut diambil dari isi keseluruhan label tersebut yang menginformasikan bahan-bahan, petunjuk pemakaian, tanggal kadaluarsa, dsb.


30.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi rinci dari teks tersebut.
• Soal :
When would it be best to consume the product?
A. Before April 27th , 2010.
B. After April 4th, 2010.
C. During April 4th, 2010.
D. On April 4th, 2010.
• Kunci Jawaban : A


• Pembahasan
Sebagaimana tertera pada label diatas bahwa date expired 04 27 10. Ini berarti tanggal kadaluwarsa.

31.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi tersirat
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
• Soal :
How many soft gels does someone take everyday?
A. 1 gel.
B. 15 mg.
C. 200 IU.
D. 600 mg.
• Kunci Jawaban :A
• Pembahasan
Jawaban betul adalah 1 gel setiap hari, yang lain merupakan ukuran ingredient yang terkandung dalam supplement tsb.

32.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks LABEL yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam label tersebut
• Soal :
“Daily value has not been established.” (Line 10)
What is the meaning of the word “established”?
A. Ordered.
B. Determined.
C. Carried
D. Helped
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan
Kata yang mempunyai arti terdekat dari kata established adalah determined.

Read the text below to answer questions 33 to 37.













33.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text REPORT
• Soal :
Where can we find cacti mostly?
A. In the jungle.
B. On the beach.
C. On the mountain.
D. In the arid and hot region.
• Kunci Jawaban : D
• Pembahasan
Jawaban D diambil dari kalimat … adapted to extremely arid and hot environments …”

34.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text tersebut
• Soal :
Why do cacti mostly bloom at night?
A. Because their flowers are large.
B. Since cacti are unusual and distinctive plants.
C. Since cacti are pollinated by nocturnal insects.
D. As the afternoon period is used for photosynthetic process.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
… as they are pollinated by nocturnal insects or small animals … adalah kalimat yang mendukung jawaban.

35.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
• Indikator : Disajikan satu teks report, siswa dapat menentukan gambaran umum dari paragraph yang ditentukan.
• Soal :
What does the first paragraph tell us about?
A. The members of cacti.
B. The habitat of cacti.
C. The use of cacti
D. Types of cacti.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan:
Paragraf 1 pada teks di atas dapat disimpulkan yaitu “the use of cacti”






36.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan tujuan Text
• Indikator : Disajikan satu teks REPORT, siswa dapat menentukan tujuan text tersebut.
• Soal :
The text is written to ….
A. give information about American cacti
B. explain physical features of cacti
C. describe cacti in general
D. talk about the life of cacti
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Teks tersebut adalah text report yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum.

37.
• Kemampuan yang diuji :Menentukan makna kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks REPORT yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam teks tersebut

• Soal :
“Cacti are unusual and distinctive plants, which …”
The synonym of the word “distinctive” is …
A. typical
B. antique
C. unique
D. different
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Kata lain yang tepat dari kata distinctive adalah unique.


Read the following text and answer questions 38 t0 40.

















38.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
• Indikator : Disajikan satu advertisement, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
• Soal :
What is advertised?
A. A white buffalo.
B. A strange place.
C. A museum.
D. A miracle.
• Kunci jawaban : A
• Pembahasan
Seperti yang tertera pada advertisement di atas gambar yang di iklankan kan adalah kerbau putih, maka jawaban yang paling tepat adalah white buffalo.

39.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan Informasi rinci tersurat
• Indikator : Disajikan satu ADVERTISEMENT, siswa dapat menentukan informasi tersurat dari teks tersebut
• Soal :
Why is the buffalo called a miracle?
A. The museum opens on work days only.
B. Ripley’s Believe It or Not is a name of a museum.
C. White buffaloes are rarely found.
D. The museum collections are on TV programs too.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Pada informasi di atas tertulis ” …are over 10 millions to one…” berarti sangat jarang; dalam 10 juta satu.

40.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan tujuan text
• Indikator : Disajikan satu advertisement, siswa dapat menentukan tujuan teks dari teks tersebut
• Soal :
What is the purpose of the advertisement above?
A. To describe the white buffalo.
B. To invite people to see the white buffalo.
C. To show the reader about the castle of the white buffalo.
D. To tell people the breeding of the white buffalo.
• Kunci jawaban : B
• Pembahasan
Tujuan dari suatu iklan adalah mempropagandakan kepada publik mengenai sesuatu.





41.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari advertisement, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dari kalimat tersebut
• Soal :
“ … the pure white buffalo, odds of such birth …”
The meaning of the word “pure” is …
A. clear
B. almost
C. total
D. holly
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Kata yang paling mendekati dari arti kata pure adalah total.


Read the letter below to answer questions 42 to 46.

















42.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum.
• Indikator : Disajikan satu teks berbentuk LETTER, siswa dapat menentukan gambaran umum teks tersebut

• Soal :
What is the letter about?
A. Sam’s holiday.
B. The Gold Coast.
C. The Movie World.
D. The Shower of Rain.
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Surat di atas dapat disimpulkan bahwa surat tersebut tentang Liburan Sam
43.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan pikiran utama.
• Indikator : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan pikiran utama dari teks tersebut.
• Soal :
What is the main idea of paragraph 3?
A. The weather in Gold Coast.
B. Police Academy Show.
C. Sam’s activities in the Movie World.
D. A great holiday in the Movie World.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Kesimpulan dari paragraph 3 pada surat di atas adalah kegiatan yang dilakukan Sam di Movie World.

44.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan Informasi rinci tersurat.
• Indikator : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
• Soal :
Where did Sam spend his holiday with his family?
A. On the Gold Coast.
B. In the Movie World.
C. In Lethal Weapon.
D. At the Police Academy.
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Jawaban ini diambil dari kalimat We are having a great a holiday here on the Gold Coast

45.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi tersirat.
• Indikator : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
• Soal :
What did they get at one o’clock?
A. Lunch.
B. Shower.
C. A little rain.
D. Batman ride.
• Kunci Jawaban : C
• Pembahasan
Kunci jawaban yang tepat adalah C, karena tiba tiba ada hujan rintik-rintik.








46.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan Rujukan kata.
• Indikator : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu dari teks tersebut.
• Soal :
The word ‘we’ in the text refers to…
A. Sam and Nan
B. Sam and Mum
C. Mum and Kelly
D. Sam, Mum, and Kelly
• Kunci Jawaban : D
• Pembahasan
Kata we pada surat di atas merujuk pada Sam, Mum and Kelly.

47.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata.
• Indikator : Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam surat tersebut.
• Soal :
The word queued in paragraph 3 means ……
A. went on
B. lined up
C. sat down
D. waited for
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan
Makna kata yang tepat untuk kata queued adalah lined up (antri).


For questions 48 to 51, choose the best words to complete the text.

PLATYPUS
Many people call platypus duckbill because this animal has a bill like duckbill. Platypus …(48) a native Tasmania and southern and eastern Australia.
Platypus … (49) a flat tail and webbed feet. Its body length is 30 to 45 cm and covered with a thick and woolly layer of fur. Its bill is detecting prey and stirring up mud. Platypus' eyes and head are small. It has no ears but has ability to sense sound and light.
Platypus … (50) in streams, rivers, and lakes. Female platypus usually dig burrows in the streams or river banks. The burrows are blocked with soil to …(51) it from intruders and flooding. In the other hand, male platypus does not need any burrow to stay.





48.
• Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
• Indikator : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
• Soal :

A. is
B. are
C. was
D. were
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Platypus adalah kata benda bentuk tunggal dan dalam bentuk present. Diketahui dari kalimat sebelumnya.

49.
• Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
• Indikator : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
• Soal :
A. has
B. had
C. have
D. having
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Kalimat dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat adalah has.

50.
• Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
• Indikator : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
• Soal :

A. live
B. lives
C. lived
D. living
• Kunci Jawaban : B
• Pembahasan
Kalimat dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat adalah lives




51.
• Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
• Indikator : Disajikan satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
• Soal :
A. protecting
B. protected
C. protects
D. protect
• Kunci Jawaban : D
• Pembahasan
Kata kerja yang tepat setelah to adalah kata kerja dasar. Maka kata kerja yang tepat adalah protect.

For questions 52 to 54, choose the word closest in meaning to the underlined words.









• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata.
• Indikator : Disajikan satu teks report dengan 3 kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut.
• Soal :

52. A. plays
B. shows
C. stages
D. exhibitions

53. A. beat
B. switch
C. pull
D. crack

54. A. soft
B. audible
C. echoing
D. smooth
• Kunci Jawaban : 52. B, 53. A, 54. C.

• Pembahasan
Jawaban-jawaban dari nomor 52-54 adalah kata kata” closest in meaning” dari kata-kata yang digaris bawahi yang ada pada teks di atas.

55.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kata menjadi kalimat yang padu.
• Indikator : Disajikan sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu.
• Soal :
Arrange the following jumbled words to make a good sentence.
her class – in – diligent – Jessica – very – is – student – a
1 2 3 4 5 6 7 8

A. 4 – 6 – 8 – 5 – 3 – 7 – 2 – 1
B. 4 – 2 – 1 – 6 – 8 – 5 – 3 – 7
C. 2 – 1 – 4 – 6 – 8 – 5 – 7 – 3
D. 2 – 1 – 8 – 5 – 3 – 7 – 6 – 4
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Susunan kata yang tepat adalah Jessica is a very diligent student in her class. Jadi jawaban yang tepat adalah A.

56.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kata menjadi kalimat yang padu.
• Indikator : Disajikan sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu.
• Soal :
Arrange the following jumble words to make a good sentence.
a phone call – her – there – for – was – the geography teacher – was teaching – while
1 2 3 4 5 6 7 8

A. 8 – 6 – 7 – 3 – 5 – 1 – 4-- 2
B. 8 – 2 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 1
C. 6 – 7 – 2 – 8 – 3 – 5 – 1 – 4
D. 3 – 5 – 1 – 4 – 6 – 8 – 2 – 7
• Kunci jawaban : A
• Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di atas adalah :”While the geography teacher was teaching, there was a phone call for her”.

57.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kata menjadi kalimat yang padu.
• Indikator :Disajikan sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu.


• Soal :
Arrange the following jumble words to make a good sentence.
Not to use – with – for water – be careful – the pump – except – other liquid
1 2 3 4 5 6 7

A. 5 – 4 – 1 – 7 – 2 – 3 – 6
B. 4 – 1 – 5 – 2 – 7 – 6 – 3
C. 7 – 4 – 6 – 5 – 2 –1 – 3
D. 4 – 1 – 7 – 2 – 5 – 3 – 6
• Kunci jawaban : B
• Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di atas adalah :”Be careful not to use the pump with other liquid except for water.”
58.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kalimat menjadi paragraf yang padu.
• Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
• Soal :
Arrange the following sentences to make a good paragraph .
1. Jack had an accident a few days ago.
2. Jill went to the hospital too visit him.
3. He is still in the hospital now.
4. She is at the hospital now.
5. He had to go to hospital.

A. 1-4-3-5-2
B. 1-3-5-4-2
C. 1-2-3-4-5
D. 1-5-3-2-4
• Kunci jawaban : D
• Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph adalah D. Jack kecelakaan, dia harus ke RS, dia masih di RS, Jill ke RS mengunjunginya dan sekarang masih di RS

59.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kalimat menjadi paragraph yang padu.
• Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
• Soal :
Arrange the following sentences to make a good paragraph.
1 Some of Lavisher’s other ideas were important too
2 He learned some very important facts about chemistry.
3 These are the same names we use today.
4 He also worked on a way to improve France's banks and government.
5 He used science to improve farming.
6 And he gave names to many chemicals
7 Lavisher was a great man in many ways.
8 He helped to make taxes and money the same all over France

A. 7-1-4-8-2-6-5-3
B. 7-2-6-3-1-5-4-8
C. 7-8-4-1-2-6-5-3
D. 7-5-6-3-1-4-8-2
• Kunci Jawaban : A
• Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph adalah A. hal ini diperkuat dengan kalimat utama dari kelompok kalimat tersebut adalah no 7 diikuti oleh kalimat pendukung lainnya yang paling dekat .

60.
• Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kalimat menjadi paragraph yang padu.
• Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
• Soal :
Arrange the following sentences to make a good paragraph
1. Nature’s recycling programme for water is called the water cycle.
2. Rain or snow eventually finds their way back to the ocean.
3. Water falls from the air as rain or snow.
4. Water goes from the ocean, lakes, and rivers into the air.
5. One of the things nature recycles is water.
6. Did you know that nature recycles too?
7. Maybe you recycle cans, glass, and paper.

A. 7-6-5-4-3-2-1
B. 1-2-3-4-5-6-7
C. 5-6-3-4-7-1-2
D. 2-1-4-3-6-7-5
• Kunci jawaban : A
• Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph adalah A, Kalimat yang paling umum adalah tentang recycles, lanjut dengan Nature juga mendaur ulang, salah satunya Water Recycle, kalimat kalimat yang lain merupakan penduklung, dicari yang paling dekat.

1 komentar:

Harggreaves mengatakan...

pak ini tidak ada gambarnya '-'